UPGRADE ISO, SERTA PEMBIMBINGAN ISO, CALL 081-252-982900

STRATEGI PENGEMBANGAN SAFETY AND HEALT ENVIRONMENT (SHE)/ KESELAMATAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN DITEMPAT KERJA

Sehat sebenarnya tidak hanya harus didapatkan saat sedang berada di rumah saja, namun juga bisa didapatkan di tempat kerja. Setiap karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan juga berhak untuk mendapatkan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja dari perusahaan, jaminan tersebut harus diberikan selama pekerja masih berstatus sebagai pekerja di perusahaan yang bersangkutan. Jika mereka sudah tidak bekerja lagi, maka jaminan tersebut tidak wajib untuk diberikan kepada karyawan.

Beberapa perusahaan seperti jenis perusahaan konstruksi seringkali memberikan jaminan terhadap para karyawannya atas kesehatan dan keselamatan pada saat mereka berada di tempat kerja. Karena begitu banyaknya resiko pekerjaan yang harus dihadapi oleh para pekerja, maka hal ini sangat wajib untuk dilakukan.

Safety and Health Environment (Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan) Dalam Dunia Kerja

Keselamatan kerja atau lebih sering sebagai Occupational Safety atau (safety) saja dalam dunia kerja. merupakan suatu pemikiran dimana perusahaan, pabrik atau instansi tertentu akan memberikan jaminan terhadap keutuhan jasmani dan rohani bagi setiap tenaga kerja yang akan menghasilkan budaya dan karyanya dalam organisasi perusahaan tersebut.

Keselamatan kerja tersebut memang sangat diperlukan bukan hanya bagi satu bidang pekerjaan saja, namun juga untuk jenis bidang-bidang lainnya yang membutuhkan adanya jaminan keselamatan dan kesehatan kerja. Misalnya saja bagi para pekerja pabrik harus mendapatkan jaminan keselamatan kerja, karyawan yang bekerja dalam bidang konstruksi bangunan dan di pertambanganpun juga harus mendapatkan jaminan untuk keselamatan kerjanya. Mereka telah mengupayakan segenap tenaga, pikiran dan karyanya bagi perusahaan dan sudah semestinya untuk perusahaan juga harus memberikan imbalan yang sepantasnya bagi mereka (diluar gaji bulanan) dalam bentuk jaminan keselamatan dan kesehatan saat mereka sedang bekerja.

Bahaya-Bahaya yang Bisa Saja Terjadi di Tempat Kerja

Tidak semua pekerja bekerja tanpa adanya resiko, sekalipun bagi mereka bekerja di kantoran, mereka juga bisa mengalami kecelakaan pada saat sedang bekerja. Resiko pekerjaan yang paling sering terjadi adalah bagi mereka yang bekerja di lingkungan pabrik atau di pertambangan. Bahaya terhadap fisik pekerja sangat mungkin terjadi kapan saja, terutamanya adalah bagi karyawan yang bekerja pada bagian produksi.

Banyak diantara industri-industri seperti konstruksi dan pertambangan yang lebih sering meyebabkan karyawannya harus mengalami kecelakaan saat sedang bekerja. Terkadang kecelakaan tersebut bisa sangat berakibat fatal bagi karyawan, termasuk juga bisa menyebabkan kematian. Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin banyaknya terjadi kasus-kasus kecelakaan saat sedang bekerja, maka pemerintah mengembangkan suatu metode untuk menjamin keselamatan kerja bagi setiap karyawan dalam organisasi perusahaan.

Bahaya Terhadap Mesin-Mesin Operasional Dalam Bekerja

Metode dan prosedur dalam keamanan setidaknya akan mampu menjamin keselamatan bagi para karyawan terhadap berbagai resiko pekerjaan yang mungkin saja bisa terjadi kapan saja di tempat kerja. Karyawan yang sedang bekerja pada bidang konstruksi, transportasi, perawatan property dan karyawan ekstraksi, mereka lebih sering dan sangat beresiko besar untuk mengalami kecelakaan ditempat kerja dan akibat fatalnya lagi adalah beresiko menyebabkan kematian di tempat kerja.

Dan mesin adalah salah satu bagian terpenting sebagai penggerak utama dari operasional perusahaan seperti halnya perusahaan pertambangan, manufactur dan konstruksi serta pertanian yang cukup berbahaya bagi para pekerja. Beberapa jenis mesin memiliki bahaya bagi karyawan jika mereka lalai dalam penggunaannya. Bahaya tersebut bisa saja berupa luka bakar, tusukan, terpotong, bahkan meremukkan salah satu bagian tubuh karyawannya. Sebagai luka kecil terkadang bisa juga menyebabkan terjadinya benturan oleh para pekerja lain jika salah dalam hal penggunaannya.

Mesin-mesin yang membuat bising ditempat kerja yang tidak hanya cukup membahayakan bagi tubuh karyawan, namun juga sangat berbahaya bagi panca indra manusia. Terlebih lagi adalah bagi pendengaran mereka. Suara yang terlalu bising yang disebabkan oleh suara mesin bisa menyebabkan hilangnya pendengaran para karyawan yang sedang berada di tempat kerja tersebut. Selain itu juga suhu udara yang terlalu panas ditempat kerja akan menyebabkan terjadinya kelelahan, tangan mudah terkelupas, merasa pusing dan dehidrasi. Hal-hal seperti ini juga sangat tidak baik bagi kesehatan para pekerja.

Bahaya dan Kontaminasi Terhadap Bahan-Bahan Kimia Perusahaan

Lain lagi dengan mesin, bahan-bahan kimia memang seperti terlihat tidak berbahaya dan tidak seseram ketika Anda melihat beberapa mesin-mesin di pabrik yang sedang beroperasi. Namun Anda jangan sampai salah, bahwa bahaya dari penggunaan bahan-bahan kimia dalam proses industri dampaknya juga sama bahayanya dengan menggunakan mesin. Secara tidak langsung, bahan kimia akan langsung bereaksi dalam tubuh manusia dengan cepat atau lambat dan bisa saja merusak beberapa organ-organ tubuh langsung dari dalam. Kerusakan terhadap organ-organ tubuh akan diikuti dengan beberapa jenis penyakit yang terkadang sangat sulit untuk bisa disembuhkan.

Beberapa dari jenis bahan-bahan kimia yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan diantaranya adalah:

1. Logam berat.
2. Pelarut.
3. Basa.
4. Partikulat.
5. bahan-bahan kimia reaktif.
6. Silika.
7. Petroleum.

Bahan-bahan kimia tersebut memang sangat berbahaya bagi tubuh manusia, dan dampaknya dalam jangka pendek memang tidak begitu terlihat efeknya bagi kesehatan tubuh manusia, namun jika dalam waktu jangka panjang bahan-bahan tersebut terlalu sering masuk ke dalam tubuh, maka akan menyebabkan terjadinya permasalahan pada bagian dalam organ tubuh manusia yang lebih serius, bahkan bisa saja menyebabkan kematian.

Beberapa dari jenis bahan kimia yang biasanya seringkali digunakan untuk jenis usaha produksi makanan atau minuman. Bahan kimia tersebut sekalipun dicampur sedikit saja pada makanan atau minuman, namun efek dari bahan kimia itu akan sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Para pemilik perusahaan mungkin tidak terlalu memikirkan tentang hal-hal seperti ini sampai terlalu jauh, bahkan tidak pernah memikirkan tentang bagaimana kondisi kesehatan para karyawannya. Padahal sedikit saja bahan kimia yang terkena tubuh manusia akan dengan cepat bereaksi pada kesehatan seseorang.

Permasalahan Ssosial dan Psikologis

Terkadang terjadinya kecelakaan kerja juga seringkali disebabkan karena permasalahan sosial dan psikologis. Beberapa permasalahan sosial dan psikologis tersebut diantaranya adalah karena stress yang disebabkan jam kerja yang terlalu lama dan tidak pernah sesuai dengan waktu yang mereka inginkan. Selain itu juga dalam lingkungan kerja bisa saja terjadi tindakan kekerasan yang dilakukan oleh salah satu karyawan terhadap karyawan lainnya, karyawan dengan atasan, baik berupa fisik maupun kekerasan mental.

Permasalahan psikologis yang seringkali terjadi pada tenaga kerja wanita diantaranya adalah berupa pelecehan seksual saat mereka sedang bekerja. Jika mereka tidak mendapatkan perlindungan dari perusahaan terhadap keselamatan kerjanya, maka tentu saja hal-hal seperti ini akan semakin merugikan karyawan, dan perusahaan juga akan terkena sanksinya oleh dinas ketenaga kerjaan.

Nah, itulah sedikit penjelasan seputar strategi dalam upaya untuk pengembangan safety and healt environment (SHE) berupa keselamatan dan kesehatan lingkungan ditempat kerja. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian seputar lingkungan kerjam, pembaca membutuhkan up grade ISO 9001 : 2008 ke 9001: 2015, atau membutuhkan pembimbingan untuk mendapatkan sertifikasi ISO, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

Tinggalkan komentar