UP GRADE ISO 9001: 2008 KE 9001: 2015, CALL 081-8521172 ATAU 081-252-982900

WAKIL MANAJEMEN YANG MENJADI PERAN LANGSUNG DARI MANAJEMEN PUNCAK PADA ISO 9001-2015

Perwakilan Manajemen atau Wakil Manajemen di ISO 9001-2105 sebenarnya sangat banyak sekali ditanyakan oleh berbagai organisasi-organisasi perusahaan yang berencana untuk mengupgrade Sistem Manajemen Mutunya ke dalam versi terbaru, yaitu: ISO 9001:2015.
Apakah masih terdapat jabatan sebagai Wakil Manajemen yang telah disebutkan dalam salah satu klausul 5.5.2 ISO 9001:2008?

Terlebih dahulu marilah kita melihat kepada beberapa tugas-tugas dan setiap kewenangan dari wakil manajemen dalam hal fungsi-fungsi dari penerapan sistem manajemen mutu organisasi internal perusahaan, diantaranya adalah:

1. Memastikan terlebih dahulu sistem manajemen mutu akan diterapkan secara efektif disesuaikan dengan ruang lingkup dari sertifikasinya.
2. Secara periodik dalam rapat tinjauan manajemen akan selalu melaporkan kinerja dan kebutuhan dari sumber daya sebagai upaya untuk peningkatan sistem manajemen mutu demi tercapainya satu kepuasan bagi para pelanggan.
3. Melakukan promosi terhadap kesadaran mutu, sehingga seluruh karyawan akan memahami betapa pentingnya mutu dalam melakukan pekerjaannya tersebut.
4. Menyusun Program Audit Internal untuk memastikan apakah sistem manajemen mutu telah benar-benar sudah diterapkan secara efektif atau tidak?
5. Memeriksa prosedur-prosedur mutu sebelum akan disahkan oleh pihak manajemen puncak dan melakukan pengawasan untuk pengendaliannya yang secara operasional akan dilakukan oleh Pengendali Dokumen.
6. Memberikan masukan-masukan seputar penetapan sasaran-sasaran mutu bagian dan memastikan keselarasannya dengan sasaran mutu dari tingkat organisasi agar dapat disahkan oleh pihak manajemen puncak.

Dan masih banyak lagi tugas-tugas dan kewenangan penting lainnya dari Wakil Manajemen yang harus ditetapkan dalam sistem manajemen mutu untuk memastikan bahwa penerapan sistem dari manajemen yang lebih efektif.

Melihat dan Memahami Standar ISO 9001:2015 yang Terbaru

• Konsultan ISO yang Profesional dan Berpengalaman.

Dalam standar ISO 9001:2015 klausul 5.1 tentang Kepemimpinan dan Komitmen yang dinyatakan bahwa manajemen puncaklah yang lebih bertanggungjawab terhadap efektifitas dan efisiensi dalam hal penerapan sistem manajemen mutu.

Sehingga untuk manajemen puncak sebagai (Direktur Utama) yang secara langsung akan mengendalikan keseluruhan dari penerapan sistem manajemen mutu. Hal inilah yang menyebabkan bahwa standar ISO 9001:2015 terbaru harus lebih berfokus untuk menekankan komitmen dari pimpinan pusat perusahaan yang tertinggi agar dapat mengelola mutu dari produk dan jasanya.

• Konsultan Manajemen ISO Profesional.

Jadi, peran sebagai “Wakil Manajemen” menjadi langsung dari peran “Manajemen”. Kemudian dalam klausul 5.1.1 tentang Kepemimpinan dalam standar ISO 9001:2015 yang menyatakan bahwa: “Manajemen Puncak harus mendukung peran dari manajemen lainnya yang lebih relevan untuk menunjukkan kepemimpinannya yang masih berlaku untuk wilayah yang sudah menjadi tanggungjawabnya.

Jadi dengan kata lain, bahwa standar ISO 9001:2015 telah dengan jelas menyatakan bahwa Manajer pada setiap bagian juga memiliki peran langsung dalam hal mengelola mutu yang juga harus didukung oleh Manajemen Puncak. Sehingga untuk jabatan “Wakil Manajemen” dari standar ISO 9001:2008 memang sudah hilang, namun perannya masih tetap ada dan telah berpindah tangan dan sekaligus tanggungjawabnya kepada Manajemen Puncak yang juga akan didelegasikan kepada setiap Manajer Bagian untuk setiap area yang menjadi tanggungjawabnya masing-masing.

• Konsultan ISO.

Sebisa mungkin konsultan ISO akan membantu organisasi yang menginginkan untuk melakukan perubahan terhadap peran dan pengelolaan dari sistem manajemen mutu yang selama ini sudah menjadi tanggungjawab dari Wakil Manajemen untuk menjadi tanggungjawab dari seluruh lini manajemen.

Apabila Anda membutuhkan bantuan seputar konsultasi manajemen, SOP, prosedur recruitment, pengelolaan SDM dan seputar ISO bisa mengubungi kami Groedu Konsultan untuk membantu organisasi Anda. Atau kontak ke 081-8521172 atau 081-252-982900, kami siap membantu. Terimakasih dan salam sukses.