MEMBANGUN TRAINING CENTRE, CALL 0818521172

TUGAS-TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB JABATAN MANAJER TRAINING AND DEVELOPMENT (PENGEMBANGAN) PERUSAHAAN

Saat Anda menjadi seorang manajer pelatihan, maka tentunya Anda diharuskan untuk memahami dan mengerti tentang apa saja yang menjadi tugas-tugas dan tanggungjawab dari seorang manajer pelatihan, sehingga Anda akan bisa menjalankan peran sesuai dengan jobdesk dengan sangat baik. Saat ini, dari berbagai jenis perusahaan memang sangat membutuhkan adanya seorang manajer pelatihan untuk membantu perusahaan dalam melatih, mempersiapkan, dan mengembangkan SDM nya agar dapat bekerja di perusahaan dengan lebih optimal.

Banyak diantara manajemen yang belum begitu mengenal salah satu posisi penting ini karena memang istilah yang seringkali digunakan pada berbagai jenis perusahaanpun berbeda-beda meskipun dengan esensi tugas yang hampir sama. Seorang manajer pelatihan biasanya langsung berada di bawah department SDM, karena memang perannya yang sangat berkaitan erat dengan pengembangan SDM perusahaan dalam usaha untuk meningkatkan kinerja agar menjadi semakin produktif dan lebih optimal dalam mencapai tujuan perusahaan.

Setiap perusahaan biasanya akan melakukan berbagai macam cara dalam melakukan pengembangan SDM nya. Dan salah satunya adalah dengan menyediakan pelatihan-pelatihan yang cukup berkualitas. Pelatihan bagi SDM sangat berguna untuk membentuk karyawan dan para staff yang bekerja di perusahaan tersebut agar menjadi lebih berkualitas dengan cara mengembangkan keahlian yang dimilikinya, loyalitas kerja yang semakin meningkat, serta untuk mengembangkan kemampuannya dalam bekerja di perusahaan tersebut.

Tentu saja, dalam menjalankan segala tugas-tugas tersebut dibutuhkan adanya tim yang benar-benar memiliki kemampuan dan kualifikasi dalam bidang manajemen pelatihan. Tim manajerial dalam bidang pelatihan ini akan sangat membantu perusahaan dalam mempersiapkan karyawan yang sudah melalui berbagai seleksi awal dengan melihat latar belakang pendidikannya.

Pendidikan memang sudah menjadi salah satu dasar dan berperan penting dalam pengembangan SDM. Banyak orang dengan pendidikan yang rendah juga memiliki kecenderungan untuk tidak memiliki kemampuan yang bagus dalam bekerja. Meskipun berpendidikan namun seringkali dijadikan sebagai salah satu patokan awal dalam menerima seseorang sebagai karyawan, perusahaan biasanya juga telah menyediakan pelatihan khusus bagi para karyawan sebagai salah satu bekal mereka agar dapat menjalankan segala tugas-tugasnya.

Pelatihan yang telah diberikan oleh perusahaan terhadap karyawan tidak hanya terkait dengan pengasahan dan pembekalan berupa materi tentang tugas-tugas dan tanggungjawab mereka dalam bekerja, namun juga pelatihan yang bertujuan untuk pemberian bekal dan kesiapan mental agar menjadi lebih tangguh dan kuat dalam bersaing dan untuk membangun perusahaan bersama-sama. Tidak semua karyawan yang telah diterima bekerja di perusahaan mampu bertahan dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini di perusahaan, padahal mereka sudah memiliki kemampuan dan skill yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, para karyawan tersebut membutuhkan adanya bantuan berupa pelatihan. Baik dari skill maupun mental agar mampu menjadi SDM yang lebih berkualitas.

Dengan memahami betapa pentingnya pelatihan terhadap SDM yang bekerja pada perusahaan, banyak diantara perusahaan yang sudah mulai membentuk manajer pelatihan khusus untuk membantu dalam pengembangan kemampuan dan potensi para karyawan.

Agar dapat menjalankan tugas tersebut, seorang manajer pelatihan biasanya akan memberikan pelatihan yang lebih berkualitas. Materi yang diberikan pada pelatihan karyawan juga bukanlah materi yang biasa, namun selalu disesuaikan dengan pengalaman serta kebutuhan dari tujuan pengembangan karyawan tersebut.

Pelatihan yang dilakukan terhadap karyawan untuk mengembangkan SDM nya juga tetap membutuhkan adanya seorang figur mentor yang professional dan memiliki kualifikasi yang bagus, sehingga pelatihan yang akan diberikan bisa sesuai dengan metode yang terus berkesinambungan dan disesuaikan dengan perkembangan zaman. Dalam hal ini, Anda hendaknya harus memahami dengan lebih mendalam tentang apa sebenarnya yang menjadi tugas-tugas dan tanggungjawab dari seorang manajer pelatihan tersebut.

Tujuan dari adanya jabatan sebagai seorang manajer pelatihan SDM adalah untuk merencanakan, mengatur, menyelenggarakan, serta mengevaluasi kegiatan pelatihan secara menyeluruh di perusahaan untuk memberikan jaminan bahwa program pelatihan tersebut tetap bisa terselenggara dengan baik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku diperusahaan. Setelah mengetahui tentang apa saja tujuan dari jabatan tersebut, maka Anda bisa mengurai tugas-tugas dari seorang manajer pelatihan, seperti:

1. Merencanakan pelatihan bersama dengan manajer departemen terkait agar pelatihan dapat berjalan dengan lebih terencana dan sesuai dengan target yang diharapkan oleh perusahaan.
2. Membuat dan menyediakan materi dalam pelatihan tersebut dan menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan dalam upaya untuk pengembangan SDM yang ada.
3. Menyelenggarakan segala kegiatan pelatihan bagi karyawan untuk memastikan bahwa karyawan di perusahaan tersebut telah benar-benar sesuai dengan standar kompetensi dan deskripsi jabatan yang ditentukan oleh perusahaan.
4. Mengevaluasi setiap program pelatihan yang dilaksanakan untuk mendapatkan analisis tentang apa saja manfaat dari pelatihan tersebut, termasuk juga untuk segala perbaikan-perbaikan yang bisa dimanfaatkan untuk pelatihan selanjutnya.
5. Melakukan update informasi terbaru tentang ketrampilan, metode, maupun hal-hal lainnya yang sangat berguna untuk mengembangkan kemampuan dan kinerja dari karyawan dalam upaya untuk membangun perusahaan.
6. Merencanakan dan menyiapkan anggaran untuk program-program pelatihan karyawan agar semua pelaksanaan pelatihan dapat berjalan dengan lebih terencana dan rapi disesuaikan dengan prosedur dan targetnya.

Beberapa tugas dari manajer pelatihan tersebut memang memiliki ruang lingkup dan waktu yang bermacam-macam mulai dari harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. Manajer Pelatihan hendaknya harus selalu membuat perencanaan secara terjadwal untuk lebih mengoptimalkan SDM yang ada di perusahaan tersebut melalui berbagai macam pelatihan-pelatihan yang berkualitas dan dengan materi yang lebih efektif.

Manajer Pelatihan sebaiknya juga senantiasa harus melakukan pengembangan terhadap diri sendiri dengan terus meningkatkan pengetahuan dan memperbaharui segala informasi tentang bidang-bidang yang bersangkutan dengan informasi terbaru dalam meningkatkan pelatihan dan pengembangan bagi Sumber Daya Manusia di perusahaan tersebut agar dapat menjadi seorang yang lebih berkualitas dan memiliki kinerja yang terbaik dan efektif agar mampu menjalankan segala tugas-tugas dari seorang manajer pelatihan dengan sangat baik. Nah, itulah sedikit pembahasan tentang apa saja tugas-tugas (jobdesk) dan tanggungjawab dari jabatan manajer training dan pengembangan perusahaan. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan hal lain terkait SDM, seperti SOP HRD, software pay roll, assessment excecutive untuk karyawan berdasarkan talent manajemen, silahkan hubungi 081-8521172 atau 081-252-982900. Tim kami siap membantu.