SOP LOGISTIK DAN TRASPORTASI, CALL 081-252-982900

HAL-HAL PENTING YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENYEWA GUDANG

Sektor logistik merupakan sebuah bisnis yang dulunya mungkin tidak sepopuler sekarang, dan mungkin saja beberapa dari Anda sekalian beranggapan bahwa logistik hanya sebatas persiapan perbekalan dan juga perlengkapan pada saat bepergian saja. Atau masih ada yang mengira bahwa logistik adalah berhubungan dengan gudang dan juga truk.

Sebenarnya Apa yang Dimaksud dengan Logistik ?

Istilah logistik sudah mulai digunakan dalam dunia bisnis untuk mengembangkan saluran distribusi barang dari hasil produksi bisnisnya. Untuk saat ini logistik memang lebih dikenal sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis dengan jangkauan pasar yang jauh lebih besar lagi. Hal itu sudah sering terjadi pada berbagai negara, maka dari itu kita akan lebih mengenal istilah ekspor (penjualan ke luar negeri) dan impor (pembelian barang dari luar negeri). Agar dapat melakukan aktivitas ekspor dan impor dibutuhkan adanya jasa logistik sebagai sarana terpenting dari transportasinya.

Logistik juga sangat berperan sebagai manajemen rantai pasokan dan memiliki peranan yang sangat penting. Seperti gudang contohnya, tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan barang saja, namun juga sebagai salah satu lokasi penting dari proses pendistribusian. Barang yang sudah jadi dari pabrik membutuhkan beberapa proses agar bisa sampai ke tangan end user.

Pertimbangan Penting Dalam Hal Menyewa Gudang Logistik

Pada saat Anda ingin mencari lokasi gudang yang lebih strategis untuk penyimpanan, tentunya ingin melihat apakah gudang tersebut dapat menjawab berbagai permasalahan yang dimiliki oleh perusahaan atau tidak? Dan tentunya memilih gudang harus dengan berbagai macam pertimbangan. Salah dalam memilih lokasi gudang bukan hanya akan merugikan perusahaan Anda, namun juga akan menjadi kerugian yang jauh lebih besar daripada tidak menggunakan jasa gudang sama sekali.

1. Perhatikan karakteristik dari barang yang ingin disimpan dalam gudang, Apakah itu termasuk ke dalam kategori makanan atau bukan. Apakah itu merupakan barang-barang berbahaya atau tidak. Apakah barang tersebut memiliki tanggal kadaluarsa atau tidak. Karakteristik barang tersebutlah yang pertama kali harus Anda kenali dan pahami terlebih dahulu. Jangan sampai meletakkan barang pada gudang yang salah.

2. Perhatikan juga volume dari barang yang akan disimpan dalam gudang, apakah berbentuk kubinase atau tonasi. Selain itu, lingkungan sekitar gudang juga sangat penting, terutama sekali apabila ingin menyimpan barang yang memiliki perhatian khusus seperti makanan atau cairan kimia berbahaya yang sangat mudah sekali dipengaruhi oleh iklim dan kondisi dari lingkungan sekitar. Jangan lupa juga untuk memperhatikan tentang temperaturnya, sama halnya seperti Anda ingin menyimpan makanan dalam lemari pendingin. Apakah suhunya sudah cukup dingin atau masih belum, karena apabila tidak diatur dengan baik, maka barang akan beresiko untuk rusak atau bisa saja hancur.

3. Menentukan jarak antara gudang dan distributor. Hal ini seringkali menjadi salah satu faktor terpenting yang menentukan apakah perusahaan akan menyewa gudang tersebut atau tidak. Karena tujuan dari menyewa gudang salah satunya adalah untuk menghemat biaya transportasi yang terlalu besar. Maka dari itu, perhitungan jarak menjadi sangat penting karena menentukan biaya dan juga waktu yang akan dikeluarkan.

4. Lokasi juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum Anda akan menyewa sebuah gudang. Tidak hanya sekedar jarak antara gudang dan juga distributor, namun juga lokasi yang lebih strategis juga dapat menjadi nilai tambah tersendiri bagi perusahaan Anda. Contoh lokasi gudang yang strategis adalah berada didaerah dekat bandara maupun pelabuhan. Lokasi tersebut dinilai paling strategis karena begitu dekat dengan lokasi pengiriman selanjutnya. Jalur transportasi yang biasanya sering digunakan untuk distribusi barang selain jalur darat adalah laut dan udara. Hal itulah yang kemudian menjadikan lokasi pergudangan yang berada di sekitar bandara maupun pelabuhan menjadi begitu strategis.

5. Memperhatikan jangka waktu sewa gudang juga juga harus dijadikan sebagai salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk menyewa gudang. Setiap gudang memiliki berbagai macam syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Untuk itulah, kenali setiap syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh setiap gudang dengan lebih teliti. Perhatikan juga jangka waktu sewa yang telah diberlakukan agar kedepanya tidak sampai terjadi permasalahan. Pahami juga apakah gudang tersebut memiliki minimum untuk penyimpanan barangnya atau tidak. Hal ini sangatlah penting karena barang yang ingin disimpan dalam gudang tidak dalam jumlah yang terlalu besar.

6. Mengenali tipe dari gudang yang ingin disewa, apakah ingin menyewa satu gudang untuk sendiri (dedicate) atau bisa berbagi (sharing). Dengan metode sharing warehouse, maka perusahaan dapat menyimpan barangnya bersama dengan barang-barang dari perusahaan lain dalam satu gudang saja. Biasanya dalam kondisi high season seperti hari natal, lebaran dan juga tahun baru, produksi barang akan semakin meningkat sehingga membutuhkan adanya tempat yang jauh lebih luas lagi untuk menyimpan persediaan barang dan apabila ingin menyewa satu gudang dedicate yang masih banyak memiliki space yang terbuang. Maka sharing warehouse dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu memusingkan berapa banyak jumlah barang yang ingin disimpan, karena dengan sharing warehouse sepertinya tidak ada minimal space dan juga batas waktu penyimpanan.

Sementara gudang yang bersifat dedicate juga memiliki keuntungan, yaitu barang tidak akan tercampur dengan barang-barang dari perusahaan lain. Dan juga biasanya harga sewanya bisa menjadi jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan sharing warehouse.

Nah, itulah hal-hal penting yang harus Anda perhatikan tentang jasa persewaan gudang dan beberapa pertimbangan-pertimbangan penting tentang hal-hal apa saja yang yang harus Anda pikirkan sebelum akan memutuskan untuk menempatkan barang pada jasa sewa gudang. Semoga bisa bermanfaat dan wawasan Anda sekalian seputar pergudangan logistik. Semoga artikel diatas bermanfaat, jika pembaca membutuhkan informasi terkait artikel di atas lebih lanjut. Atau membutuhkan bimbingan dalam pembuatan SOP logistic da transportasi, software accounting dan SOP keuangan terkait logistic, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 atau 081-8521172. Kami siap membantu!

Pakar pembuat SOP logistic, Jasa Konsultan pembuatan SOP Logistik, info Konsultan pembuatan SOP Logistik, informasi Konsultan pembuatan SOP Logistik, cari Konsultan pembuatan SOP Logistik, temukan Konsultan pembuatan SOP Logistik, alamat Konsultan pembuatan SOP Logistik, kantor Konsultan pembuatan SOP Logistik, telphon Konsultan pembuatan SOP Logistik, email Konsultan pembuatan SOP Logistik, website Konsultan pembuatan SOP Logistik, alamat Konsultan pembuatan SOP Logistik, daftar Konsultan pembuatan SOP Logistik, directory Konsultan pembuatan SOP Logistik, office Konsultan pembuatan SOP Logistik, cara efektif membuat sop logistic, cara gampang membuat SOP logistic, langkah-langkah membuat SOP logistic, fungsi SOP Logistik, peran SOP logistic untuk operasional bisnis.