SERTIFIKASI ISO 9001:2008 SEBAGAI KUNCI PENINGKATAN KINERJA DAN PERKEMBANGAN PERUSAHAAN

SERTIFIKASI ISO 9001:2008 SEBAGAI KUNCI PENINGKATAN KINERJA DAN PERKEMBANGAN PERUSAHAAN

 

Perusahaan yang sedang berkembang akan menghadapi persaingan dari banyak pihak, terutama menghadapi iklim persaingan usaha yang tidak hanya datang dari kompetitor lokal namun juga kompetitor dari luar negeri. Apalagi ketika para pesaing memiliki produk dan layanan yang lebih baik dan inovatif sehingga dapat merebut hati para pelanggan yang ada. Oleh karena itu diperlukan sebuah standar kualitas produk dan layanan di level internasional yang dapat meningkatkan kepercayaan bagi para konsumen pengguna produk dan layanan ataupun bagi para mitra bisnis, dimana salah satunya adalah sertifikasi ISO 9001:2008. Sertifikasi ISO, hanya diberikan pada perusahaan yang  sangat unnggul dibidang proses bisnis sampai dengan layanan yang optimal.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen berbasis ISO 9001:2008 antara lain:

  • Meningkatkan efisiensi dan mengurangi cacat/ kesalahan kerja

Dengan sistem kerja yang lebih rapi dan teratur maka akan meningkatkan efisiensi dan produktifitas kerja. Dimana dengan sistem yang lebih baik, maka akan mengurangi terjadinya cacat pada produk atau layanan, juga pada jumlah kesalahan yang dapat terjadi pada urutan proses kerja sehingga dapat mengurangi biaya yang timbul akibat kesalahan tersebut dan meningkatkan jumlah frekuensi produk dan layanan yang baik.

  • Meningkatkan kualitas dan mutu produk dan layanan

Seiring dengan berkurangnya cacat dan kesalahan kerja maka dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan yang diberikan perusahaan kepada para pelanggannya. Selain itu juga akan meningkatkan konsistensi dan tingkat kestabilan produk dan layanan yang baik dan memiliki standar pengukuran tertentu, seperti misalnya memberikan pelayanan dengan tingkat service level 90%.

  • Meningkatkan motivasi dan kepuasan karyawan perusahaan

Dengan adanya perbaikan dan perapian pada sistem kerja dan manajemen di dalam perusahaan maka karyawan menjadi lebih nyaman dalam pekerjaannya karena prosedur menjadi lebih sederhana dan memiliki aturan sehingga menjadi lebih jelas dan teratur. Selain itu perbaikan juga akan mengurangi waktu kerja dan menambah kelancaran proses kerja.

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan dan rekan bisnis

Dengan peningkatan pada kualitas produk dan layanan yang diberikan perusahaan maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan probabilitas terjadinya pembelian berulang. Di samping itu, rekan bisnis pun menjadi lebih nyaman dengan prosedur dan aturan kerja yang lebih baik dan tertata sehingga hubungan antara keduanya akan meningkat dan menjadi lebih baik karena menjadi lebih percaya dengan kualitas sistem kerja perusahaan.

  • Meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan

Meningkatnya kepuasan pelanggan maka akan membantu tim penjualan dalam meningkatkan penjualan dan pangsa pasar ataupun ketika mencari pelanggan baru maka akan lebih percaya karena telah memiliki standar kualitas internasional, sehingga secara tidak langsung juga akan memberikan tambahan keuntungan bagi perusahaan.

  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Dengan adanya sertifikasi ISO yang bersifat internasional maka citra perusahaan menjadi lebih baik dan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan para mitra bisnisnya sehingga akan lebih mudah dalam melakukan penjualan produk dan layanannya. Di samping itu perusahaan akan menjadi lebih kredibel di mata investor dan stakeholder lainnya.

  • Meningkatkan inovasi dalam perusahaan

Sistem manajemen mutu yang baik selalu menuntut tentang peningkatan dan perbaikan proses yang terus menerus sehingga akan meningkatkan ide inovasi yang dapat dilakukan oleh perusahaan sehingga hasil proses kerja pun menjadi semakin baik pada produk dan layanan. Inovasi-inovasi yang diharapkan tidaklah harus bersifat besar dan revolusioner tetapi lebih baik memiliki ruang lingkup yang lebih kecil dan dapat dilaksanakan dengan baik.

  • Membantu manajemen dan pemilik usaha

Manajemen dan pemilik perusahaan juga mendapatkan keuntungan dari sertifikasi ISO dimana akan membantu proses pengawasan dan kontrol perusahaan karena proses kerja yang lebih baik akan mengurangi permasalahan yang terjadi  di dalam perusahaan, sehingga hal tersebut akan mengurangi penanganan langsung dari manajemen dan pemilik perusahaan untuk pengambilan keputusan.

Selain itu dengan adanya manajemen representatif yang akan memastikan sistem manajemen ISO 9001:2008 berjalan dengan baik, maka akan mengurangi peran dan keterlibatan langsung dari pemilik perusahaan. Pemilik perusahaan pun dapat memanfaatkan waktu lebihnya untuk mengembangkan bisnisnya.

Untuk melakukan proses pengajuan sertifikasi ISO 9001:2008 ini memang memerlukan tenaga dan fokus khusus untuk melakukan pembenahan pada sistem manajemen di perusahaan, demikian pada pembuatan dokumen standar kualitas seperti SOP, IK, dan sebagainya memerlukan pengalaman yang dapat diberikan oleh konsultan manajemen bisnis. Apabila para mitra bisnis dan pembaca artikel apabila memiliki pertanyaan, membutuhkan bimbingan atau kesulitan dalam mempersiapkan perolehan sertifikasi ISO 9001:2008 maka dapat menghubungi kami di 0818521172 atau email ke : groedu@gmail.com. (Stan)