RESTRUKTURISASI INTERNAL DESAIGN ORGANISASI DI PERUSAHAAN PERLUKAH?

Dalam setiap internal organisasi perusahaan yang memiliki strategi untuk dapat mengembangkan perusahaan yang sesuai dengan apa yang sudah sejak lama menjadi visi dan misi dari perusahaan tersebut, salah satu dari strategi perusahaan dalam mecapai keunggulan yang lebih kompetitif adalah dari proses kebijakan restrukturisasi. Perubahan dalam struktur internal organisasi yang mutlak benar-benar sangat dibutuhkan dalam menghadapi ketatnya berbagai persaingan dalam dunia bisnis pada era yang sudah serba global dan modern seperti sekarang ini, beberapa faktor utama mengapa organisasi internal perusahaan bisa sampai terjadinya restrukturisasi adalah:

1. Untuk meningkatkan penjualan dan operasional.
2. Perbaikan-perbaikan sistem manajemen internal perusahaan.
3. Adanya informasi yang tidak seimbang yang di miliki oleh pihak manajemen dan pasar secara umum dan yang terpenting adalah tentang keuntungan perusahaan atau profit.

Perubahan lingkungan yang semakin menuntut setiap perusahaan agar menjadi lebih sensitif dalam menyikapi berbagai perubahan. Perubahan yang seringkali terjadi antara lain adalah dari faktor teknologi , politik dan perubahan perekonomian, perubahan lingkungan yang dapat memberikan keuntungan apabila dapat dimanfaatkan dengan lebih optimal oleh perusahaan. Dalam era yang sudah serba modern seperti sekarang ini, proses restrukturisasi internal oranganisasi perusahaan dapat di golongkan menjadi beberapa jenis golongan, yaitu:

1. Restrukturisasi Portofolio/Asset.

Restrukturisasi Portofolio merupakan salah satu kegiatan dalam penyusunan portofolio bagi internal perusahaan dalam upaya untuk semakin meningkatkan kinerja perusahaan agar mampu menjadi semakin lebih baik.

2. Restrukturisasi Modal/Keuangan Perusahaan.

Restruturisasi keuangan atau modal milik perusahaan adalah berupa penyusunan ulang dalam hal komposisi modal perusahaan agar kinerja keuangan perusahaan bisa menjadi lebih transparan dan juga harus menjadi lebih sehat dimasa mendatang.

3. Restrukturisasi Manajemen/Organisasi Internal Perusahaan.

Restrukturisasi manajemen dan organisasi internal perusahaan merupakan penyusunan atau proses ulang seputar komposisi dari manajemen, struktur organisasi, pembagian kerja, sistem operasional, integrasi sistem antar sesame departemen dan hal-hal lainnya yang berhubungan langsung dengan managerial skill dan internal organisasi perusahaan.

Dalam Design Organisasi Internal Perusahaan seharusnya disusun dengan menggunakan konsep yang benar-benar matang, baik itu ditinjau dari sisi manajemen TOP sampai kepada level yang paling bawah, maupun dari sisi secara personal atau dari penerapan tekhnologi, yang harus mampu untuk disesuaikan dengan perkembangan zaman yang banyak membutuhkan pada SDM yang sangat handal dan lebih berpengalaman untuk membantu dalam penyusunan konsep Restrukturisasi internal organisasi perusahaan Anda.

Nah, itulah beberapa proses yang harus Anda pahami sebagai pihak manajemen internal perusahaan dalam proses restrukturisasi internal organisasi. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses.

Kami merupakan salah satu jenis perusahaan yang lebih berorientasi kepada kepuasan para client, dan didukung oleh konsultan ahli, handal, berpengalaman serta lebih professional yang bertekad untuk menjadi mitra bisnis terpercaya bagi perusahaan Anda, apabila perusahaan Bapak/Ibu ingin mengetahui lebih mendalam tentang bagaimana restrukturisasi internal organisasi perusahaan Anda, maka dapat langsung berkonsultasi dengan menghubungi :Telp : 081-252-982-900 atau 0818521172, atau Email: groedu@gmail.com. Tim kami siap membantu!