PRODUCTION MANAGEMENT , CALL 081-252982900, 081-8521172

TREND-TREND TEKNOLOGI INDUSTRI MANUFAKTUR YANG PALING BANYAK DIMINATI UNTUK SAAT INI DAN BEBERAPA TAHUN MENDATANG

Pada tahun 2013 lalu, pemerintahan Jerman telah menciptakan sebuah istilah Industri yang lebih mengacu kepada revolusi industri saat ini. Seperti: dalam hal robotika, manufakturing cerdas, kecerdasan buatan dan Internet of Things (IoT). Berbagai revolusi industri tersebut merupakan satu bentuk kemajuan tersendiri yang lebih mendukung untuk menyediakan kerangka kerja, yaitu “pabrik pintar”. Cara kerjanya juga tidak terlalu sulit, namun syaratnya adalah mesin harus mampu serba terintegrasi dengan baik, dikonfigurasikan sendiri, berjalan pada suatu kecerdasan buatan untuk penyampaian yang lebih kompleks dan beberapa penyelesaian tugas-tugas penting.

Selain itu, mesin juga harus bisa meningkatkan efisiensi biaya dan juga barang atau layanan yang berkualitas lebih tinggi secara drastis, sehingga dapat lebih dioptimalkan. Jika Anda memiliki industri manufaktur, maka sebaiknya pahamilah tentang beberapa trend dari keterampilan industri manufaktur yang paling teratas dan yang paling banyak diminati oleh beberapa pengusaha saat ini, seperti:

1. Kemampuan kcerdasan buatan.

Keterampilan trend dari industri manufaktur yang paling diminati oleh perusahaan adalah berupa kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan atau mesin kecerdasan ini merevolusi dunia manufakturing saat ini dengan berbagai cara unik yang sama sekali tidak terhitung jumlahnya. Caranya adalah denganmenggunakan sistem Algoritma yang dapat membuat penghasilan pabrik menjadi semakin optimal dalam hitungan menit saja. Dengan demikian, maka kecerdasan buatan akan memperoleh ketepatan dalam setiap fase produksinya secara terus menerus. Sehingga, bisnis manufakturpun akan bisa mencapai peningkatan yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

2. Otomatisasi sistem.

Untuk saat ini, dunia teknologi robotic sudah semakin berkembang pesat. Melihat perkembangannya yang semakin lama semakin membaik, maka hal seperti ini juga berpengaruh terhadap kemajuan otomatisasi terutamanya dalam segi kemampuan pengenalan suara dan gambar yang akan membuat robot bisa melakukan segala tugas-tugas manusia secara lebih kompleks. Karena alasan itulah, maka penggunaan robot juga bukan merupakan sesuatu yang harus diragukan lagi. Mereka bisa bergerak dengan lebih baik dan tepat, sesuai seperti apa yang telah diprogramkan kepadanya.

Hanya saja, kemampuan yang belum dimiliki oleh robot adalah memahami tentang bagaimana dalam berkomunikasi dengan manusia yang lebih halus. Misalnya ekspresi wajah, kontak mata dan juga perilaku manusia. Jika Anda adalah seorang pemula yang ingin memiliki robot sendiri, maka Anda harus bisa merawat dan memeliharanya dengan sangat hati-hati serta lebih terlatih. Untuk menjadi pemelihara yang terlatih, maka otomatisasi akan menciptakan lapangan pekerjaan baru yang bisa membantu Anda dalam melakukannya.

3. Manufakturing pintar.

Penelitian BBC Research, telah memprediksi bahwa pada tahun 2020 mendatang pasar global manufaktur pintar diproyeksikan akan mencapai angka $392 miliar dengan tingkat pertumbuhan majemuk 19,8% dari tahun 2005-2020 mendatang. Seiring dengan begitu pesatnya perkembangan zaman yang semakin hari semakin canggih, secara otomatis untuk saat ini kita berada pada puncak revolusi terbesar yang akan bisa mengubah perindustrian manufaktur di Indonesia. Dan salah satu bentuk revolusi dalam dunia industri manufacturing adalah dari keahlian untuk menyimpan dan mengambil data-data secara mudah dari cloud dengan menggunakan perangkat pintar. Misalnya untuk efisiensi yang jauh lebih baik dalam hal pembelian, pengiriman dan juga pengontrolan kualitas. Dengan demikian maka pemenuhan proses bisnis akan menjadi jauh lebih tipis, murah dan juga efektif. Bahkan, hal inipun akan sangat menguntungkan bagi pemilik bisnis sekaligus para karyawan dan konsumen.

4. Cetakan 3D.

IDC, memprediksikan bahwa sejak tahun 2016 sampai 2020 mendatang belanja global untuk printer 3D akan semakin meningkat dari $13,2 miliar menjadi $28 miliar. Dalam tiga atau lima tahun yang akan datang, penelitian menunjukan bahwa 52% produsen mengharapkan mampu diintegrasikan pada mesin produksi yang akan bervolume dengan lebih tinggi. Selain itu, para ilmuwan komputer juga mengharapkan bahwa teknologi dalam dunia manufakturing bisa melakukan peralihan pada lingkungan produksi open-source dan untuk desain yang bisa semakin terus berkembang dengan sangat cepat. Bahkan, untuk teknologinyapun dapat diantisipasi oleh Kurzweil agar bisa terus menghasilkan berbagai perubahan yang luar biasa dalam bioteknologi maupun perawatan kesehatan.

5. Menjadi lebih sehat dan juga lebih bersih.

Pada tahun 2020 mendatang, produsen dari produk konsumen terbesar di dunia yaitu Procter dan Gamble (P & G), akan mengumumkan rencananya untuk menghapus 100% limbah pabrik dari 100 lokasi produksinya di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan, langkah tersebut akan menjadi suatu kepastian untuk menuju standar manufakturing yang jauh lebih sehat dan lebih bersih di masa yang akan datang. Bahkan untuk merk global sendiri akan melakukan perjanjian tentang pencapaian tujuan, yaitu tidak akan ada bahan yang terbuang sia-sia dengan cara direvolusikan agar menjadi bahan jadi kemudian didaur ulang kembali atau digunakan kembali.

Demikianlah beberapa trend dari keterampilan dunia industri manufakturing teratas untuk sekarang dan beberapa tahun mendatang adalah yang paling diminati oleh para pengusaha manufakturing agar industri manufakturnya memiliki teknologi yang semakin canggih dan luar biasa. Dan untuk menjalankannya setidaknya Anda juga harus benar-benar memiliki banyak wawasan, kecerdasan dan juga keterampilan dalam hal mengelola teknologi serta kinerja pada industri manufaktur Anda sendiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekaian, anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan bimbingan dalam merapikan manajemen manufacturing, dan kelengkapan system informasi manajemen manufacturing? Silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 atau 081-8521172. Kami siap membantu.