PERSYARATAN DAN PRINSIP-PRINSIP SERTA UNSUR-UNSUR YANG TERDAPAT DALAM TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)

Total Quality Management/Total Manajemen Mutu (TQM) hanya dapat dilaksanakan oleh semua bagian-bagian karyawan yang berada dalam lingkup suatu perusahaan (internal organisasi perusahaan) jika sudah mampu dalam memenuhi beberapa persyaratan-persyaratan berikut ini, yaitu:

1. Perbaikan-perbaikan yang dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

Dalam pelaksanaannya. TQM hanya dilaksanakan dengan melakukan perbaikan terhadap mutu produk maupun terhadap pelayanan secara terus-menerus dan tidak boleh sampai terhenti (macet) sampai para konsumen benar-benar dapat merasakan kepuasan yang lebih maksimal. Jika konsumen yang belum merasa puas, maka jangan sampai dihentikan pelaksanaan TQM tersebut.

2. Pencapaian terhadap laba dan kepuasan bagi para konsumen.

Pelaksanaan TQM sebenarnya bukan hanya sekedar untuk meningkatkan kualitas dari produk saja, namun juga untuk mendapatkan laba yang lebih maksimal dan juga untuk meningkatkan kepuasan dari para pelanggan dan komponen-komponen dalam internal perusahaan tersebut. Perencanaan yang nantinya dapat dilakukan pada setiap proses tersebut adalah memang lebih mengacu kepada masa depan yang lebih baik daripada keadanan yang seperti sekarang.

3. Adanya partisipasi aktif dari semua karyawan.

Pelaksanaan TQM ini juga tidak akan berjalan dengan maksimal jika tidak melibatkan karyawannya. Semua karyawan harus melakukan peran aktifnya dalam pencapaian tujuan yang telah diharapkan oleh perusahaan. Semuanya juga harus berperan aktif dalam peningkatan mutu dari suatu perusahaan.

4. Adanya pemimpin yang menjadi motivator bagi para karyawannya.

Dalam rangka untuk peningkatan mutu dan kualitas terhadap produk, meningkatkan omset perusahaan dan beberapa komponen lainnya, seorang pemimpin diharapkan juga bisa menjadi seorang motivator terbaik bagi para bawahannya. Pemimpin tidak hanya sekedar senang memerintah saja, namun juga harus menjadi contoh yang baik tentang bagaimana dalam melakukan perbaikan yang lebih tepat bagi perusahaannya dalam segala bidang. Seorang pemimpinpun juga harus memilliki ide-ide yang lebih cemerlang dan bisa bermanfaat untuk melakukan berbagai perubahan secara terus-menerus pada internal organisasi perusahaan.

5. Peningkatan mutu dari Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam rangka untuk lebih mempercepat tujuan peningkatan kualitas dari suatu produk, maka harus dilakukan terlebih dulu peningkatan mutu terhadap sumber daya manusia dengan beberapa pelatihan. Pelatihan yang dilakukan bisa juga berupa training secara terus-menerus sampai mampu menghasilkan SDM yang cukup protensial dan mampu untuk bersaing dengan perusahaan yang lainnya.

Prinsip-Prinsip yang Terdapat Dalam Total Quality Management (TQM)

Beberapa prinsip yang terdapat dalam Totak Quality Management yang harus bisa diterapkan dalam internal organisasi perusahaan adalah:

• Kepuasan dari para pelanggannya.

Prinsip seperti ini sudah menjadi bagian terpenting dari pelaksanaan TQM dalam internal perusahaan, kepuasan para pelanggan adalah yang paling utama, sehingga perusahaan akan melakukan berbagai macam cara agar bisa semakin meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkannya. Kepuasan tersebut akan semakin memudahkan bagi perusahaan agar bisa tetap bertahan di pasar. Jika kepuasan pelanggan sampai tidak diperhatikan, maka perusahaan tidak akan bisa mendapatkan konsumen dalam jumlah yang lebih banyak.

• Penerapan manajemen internal yang tepat.

Peningkatan kepuasan dari para pelanggan harus juga dilandasi dengan manajemen internal yang lebih tepat pula. Untuk menciptakan kepuasan tersebut, maka harus dibuat standar manajemen yang lebih baik dan juga harus terus dilakukan proses inovasi yang tiada henti. Manajemen seperti ini akan sangat menentukan bagaimana kualitas dari produk yang telah dihasilkan oleh perusahaan.

• Kerjasama tim yang baik dan tetap solid.

Proses TQM tidak akan bisa terwujud tanpa adanya kerja sama tim yang baik, baik dari pihak manajer maupun dari para karyawannya. Karena itu semua pihak harus bisa bekerja sama dalam upaya untuk semakin menigkatkan mutu dan kualitas dari produk yang telah dihasilkan.

• Melakukan berbagai perbaikan secara terus-menerus.

Perbaikan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari perusahaan dalam hal produk yang telah dihasilkan harus bisa dilakukan secara terus-menerus. Perbaikan seperti ini telah dilakukan untuk memberikan berbagai kemudahan bagi perusahaan dan pihak yang terkait untuk mendapatkan kualitas dan kepuasan dari konsumen adalah yang tertinggi.

Unsur-Unsur yang Terdapat Dalam Total Quality Management

1. Unsur konsumen.

Konsumen merupakan unsur terpenting yang terdapat dalam Total Quality Management, konsumen tersebut bisa datang dari pihak internal perusahaan sendiri maupun dari pihak eksternal perusahaan (konsumen luar). konsumen tersebutlah yang nantinya akan menentukan kelangsungan hidup dari operasional perusahaan.

2. Unsur keinginan untuk meningkatkan kualitas.

Unsur dari TQM ini juga terletak pada keinginan dari perusahaan itu sendiri untuk meningkatkan kualitas dari produk yang akan dihasilkan oleh perusahaan agar bisa semakin meningkatkan kepuasan para pelanggannya.

3. Terdapat komitmen untuk jangka panjang.

TQM harus meletakkan unsur penting lain, yaitu adanya komitmen untuk waktu dalam jangka panjang dari suatu perusahaan. Komitmen tersebut harus digunakan untuk peningkatan mutu perusahaan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

4. Terdapat tujuan yang sama.

Tujuan yang ingin dicapai dalam TQM adalah untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas, sehingga mampu memberikan kepuasan penuh bagi para pelangganya.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa saja persyaratan-persyaratan dan prinsip-prinsip serta beberapa unsur yang terdapat dalam penerapan Total Quality Management (TQM) pada internal organisasi perusahaan. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan bagi Anda sekalian, apabila pembaca membutuhkan informasi terkait artikel di atas, serta membutuhkan bimbingan dalam menyusun dokumen terkaitb ISO 9001 : 2015, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak kami di 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!