PERLUKAH PERUSAHAAN MEMILIKI STRUKTUR ORGANISASI?

PERLUKAH PERUSAHAAN MEMILIKI STRUKTUR ORGANISASI?

Bagi sebagian Pemilik perusahaan seringkali berfikir bahwa suatu struktur organisasi tidak terlalu penting di awal set up bisnis baru, sedangkan yang lebih penting adalah bagaimana perusahaan bisa berjalan dan menghasilkan pemasukan yang memberikan keuntungan, sehingga dapat membiayai pengeluaran operasional, seperti beban gaji karyawan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, pada umumnya akan timbul masalah ketika perusahaan tersebut berkembang semakin besar dan semakin banyak karyawan yang dimiliki sehingga fungsi pengawasan dan kontrol terhadap perusahaan akan semakin berat untuk dilakukan, maka pada saat itulah perusahaan memerlukan struktur organisasi agar sistem kerja di dalam perusahaan menjadi lebih teratur dan berjalan dengan baik dan efisien.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keuntungan perusahaan yang menggunakan struktur organisasi (SO) antara lain:

Membantu mencapai target perusahaan
Dengan adanya struktur organisasi maka akan mempermudah dalam melakukan identifikasi pada fungsi dan jabatan yang berperan dalam target atau rencana pekerjaan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Pihak manajemen akan lebih mudah dalam mem-break down pekerjaan dan kegiatan yang akan dilakukan dalam rencana kegiatan, dan kemudian akan dikelompokkan menjadi satu grup fungsi dan jabatan tertentu. Dan nantinya grup pekerjaan tersebut akan dibuat menjadi sebuah struktur organisasi yang dirasakan paling sesuai dengan rencana dan target perusahaan tersebut.

Membantu dalam membuat job description karyawan
Walaupun struktur organisasi dapat dibuat berdasarkan pengelompokkan daftar pekerjaan dari fungsi dan jabatan tertentu, namun di pihak lain struktur tersebut juga dapat bertindak sebagai acuan untuk membuat daftar pekerjaan dan proses kegiatan kerja harian yang dilakukan oleh karyawan berdasarkan peranan dan fungsi jabatannya, karena dengan struktur tersebut akan tergambar secara jelas pembagian wilayah, pekerjaan, peran dan tanggung jawab dari masing-masing karyawan. Dengan demikian tim perusahaan dapat menjadi lebih teratur dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari sehingga nantinya manajemen atau Pemilik lebih mudah untuk melakukan pengawasan kinerja perusahaannya.

Menganalisis beban kerja
Dengan mengetahui daftar pekerjaan yang dilakukan oleh tiap fungsi dan jabatan tersebut maka akan mempermudah untuk menganalisis beban kerja dari tiap karyawan. Sehingga apabila beban kerja seorang karyawan dirasakan terlalu banyak maka dapat diberikan tambahan karyawan baru untuk membantu peran dan fungsinya. Demikian juga sebaliknya apabila beban kerja seorang karyawan belum terlalu banyak maka karyawan tersebut dapat merangkap fungsi atau ditambahkan pekerjaan lain sehingga biaya operasional perusahaan menjadi lebih efisien.

Membantu dalam perhitungan sistem remunerasi karyawan perusahaan
Struktur organisasi dapat membantu dalam hal perhitungan remunerasi karyawan sesuai beban kerja dan tanggung jawab yang diembannya pada fungsi dan jabatan yang ada di dalam struktur tersebut, dimana semakin ke atas level fungsi dan jabatannya maka akan memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih besar sehingga remunerasi yang diterima juga akan semakin besar.

Dengan adanya struktur organisasi juga akan membuat beban gaji karyawan akan lebih efisien karena bisa diketahui beban dan kebutuhan jumlah karyawan yang sebenarnya di dalam perusahaan.

Membantu perencanaan dan alokasi sumber daya perusahaan
Masih terkait dengan analisis beban kerja sebelumnya dimana dengan adanya SO, maka manajemen dan pimpinan perusahaan akan lebih mudah dalam membuat perencanaan bisnis ke depan yang membutuhkan aset dan sumber daya perusahaan, terutama dalam membuat anggaran remunerasi dan kompetensi karyawan yang diperlukan untuk mencapai target baru yang dibuat tersebut.

Demikian pula ketika manajemen ingin membuat laporan analisis dan evaluasi terhadap kinerja (performance) perusahaan maka dengan adanya struktur organisasi akan mempermudah dalam hal melakukan evaluasi kinerja dari tiap karyawan pada fungsi dan jabatan yang berkaitan dengan unit pekerjaan yang sedang dievaluasi tersebut.

Memberikan kejelasan pada garis koordinasi antar fungsi serta pembagian wewenang dan tanggung jawab
SO (Struktur organisasi) sangat berguna dalam menentukan garis koordinasi antara atasan dan bawahan yang sangat penting, selain itu SO juga menjadi batasan wewenang dan tanggung jawab dari tiap fungsi dan jabatan di dalam perusahaan. Dengan mengetahui kejelasan dari batasan dan wewenang tersebut, maka para karyawan akan merasa lebih nyaman dalam melaksanakan kegiatan operasional perusahaan sehari-hari.

Mengurangi konflik internal yang terjadi di dalam perusahaan
Dengan adanya garis wewenang dan tanggung jawab yang jelas, hal tersebut akan mengurangi konflik yang terjadi di antara karyawan terutama ketika sedang menangani suatu masalah atau pekerjaan di dalam perusahaan. Dari permasalahan yang ada tersebut dapat dilihat fungsi dan bagian mana yang memiliki tanggung jawab dan peranan yang lebih besar sehingga dapat didelegasikan untuk menyelesaikannya.

Meningkatkan moral dan motivasi kerja karyawan
Struktur organisasi yang jelas dan tidak berubah-ubah akan meningkatkan moral dan motivasi kerja para karyawan terutama dalam hal mencapai promosi dan visi di dalam pekerjaannya. Dengan demikian para karyawan menjadi lebih mudah dan bersemangat untuk melakukan perencanaan karir (career planning) di perusahaan dan mengeluarkan kemampuan terbaik pada pekerjaannya masing-masing, antara lain mengembangkan kreativitas dan melakukan inovasi di dalam perusahaan.

Semoga dengan mengetahui kelebihan dan keuntungan suatu struktur organisasi di dalam perusahaan, diharapkan para mitra bisnis dapat mengembangkan perusahaan masing-masing lebih baik. Apabila para mitra bisnis mengalami permasalahan atau kesulitan dalam membuat struktur organisasi, silahkan menghubungi kami di 0818521172 atau email ke groedu@gmail.com . (Stan)

Groedu International Consultant
City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.
Telphon : 031-33311179
Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Email : groedu@gmail.com
website : www.konsultanmanajemenoutopilot.com