PERLUKAH FEASIBLE STUDY (STUDI KELAYAKAN BISNIS) UNTUK PERUSAHAAN BARU ATAU PENGEMBANGAN?

PERLUKAH FEASIBLE STUDY (STUDI KELAYAKAN BISNIS) UNTUK PERUSAHAAN BARU ATAU PENGEMBANGAN?

Sebelum membangun usaha baru atau melakukan pengembangan usaha hendaknya dilakukan kajian yang cukup mendalam dan komprehensif untuk mengetahui apakah usaha yang dilakukan layak atau tidak layak untuk direalisasikan. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan hambatan dan risiko yang mungkin timbul dimasa yang akan datang.

Mengingat bahwa kondisi yang akan datang dipenuhi dengan ketidakpastian, maka perlu dilakukan suatu studi atau kajian dari berbagai aspek untuk mendapatkan gambaran kelayakan pelaksanaan suatu proyek atau bisnis. Adapun studi atau kajian yang dilakukan yakni studi kelayakan bisnis atau feasibility study.

Studi kelayakan bisnis atau feasibility study adalah penelitian dan penilaian dari berbagai aspek tentang dapat tidaknya suatu proyek dilakukan dengan berhasil (menguntungkan) untuk mengambil keputusan apakah suatu proyek atau bisnis dapat dikerjakan atau ditunda atau bahkan tidak dijalankan.

Aspek yang terdapat pada studi kelayakan bisnis terdiri dari berbagai aspek antara lain :

  1. Aspek Teknis

Berkaitan dengan pemilihan lokasi proyek, jenis mesin, atau peralatan lainnya yang sesuai dengan kapasitas produksi, lay out, dan pemilihan teknologi yang sesuai.

  1. Aspek Pasar / Market

Berkaitan dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akan di tawarkan oleh suatu proyek tersebut :

  • Potensi pasar
  • Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.
  • Perkembangan/pertumbuhan penduduk
  • Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang mencakup tentang perilaku, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan permintaan masa lalu, dll.
  • Pemasaran, menyangkut tentang strategi yang digunakan untuk meraih sebagian pasar potensial atau pelung pasar atau seberapa besar pengaruh strategi tersebut dalam meraih besarnya market share.
  1. Aspek Keuangan / Finansial

Berkaitan dengan sumber dana yang akan diperoleh dan proyeksi pengembaliannya dengan tingkat biaya modal dan sumber dana yang bersangkutan.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 0818521172, atau telphon ke 031-21100152. Kami siap membantu.