PEMBUATAN SOP MANUFACTURING, SILAHKAN CALL 0818521172, 081-252-982900

MANFAAT KEMAMPUAN TEHNIK MESIN SEBAGAI PENUNJANG PROSES PRODUKSI INDUSTRI MANUFAKTUR DILUAR SKILL MANAJEMEN PRODUKSI

Jika Anda adalah seorang manager yang paling hebat dalam hal mengelola SDM perusahaan, apakah Anda masih tetap membutuhkan adanya tenaga dari seorang yang menguasai teknik mesin pada internal perusahaan Anda? Jika semisal saya adalah Anda, maka tentu saja saya sangat membutuhkan bantuan dari seorang ahli teknik mesin, karena proses produksi pada internal perusahaan manufaktur rata-rata juga masih sangat bergantung kepada kelancaran dari kinerja mesinnya.

Selain kemampuan manajemen produksi, kemampuan lain yang juga sangat penting untuk kegiatan proses produksi adalah berupa ilmu teknik mesin. Karena hanya mengandalkan kemampuan manajemen produksi tanpa ditunjang dengan keahlian tehnik mesin, sangat mustahil untuk memperbaiki kinerja mesin jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan bahkan macet dalam proses berproduksinya. Karena faktor itulah peran penting dari seorang ahli tehnik mesin sangat dibutuhkan agar mesin-mesin produksi dapat bekerja dengan lebih optimal.

Selain itu kemampuan teknik mesin juga sangat dibutuhkan untuk perawatan rutin mesin-mesin perusahaan, proses bongkar-pasang (perakitan) alat-alat industri dan berbagai jenis permasalahan dalam industry manufaktur lainnya. Anda bisa membayangkannya sendiri bagaimana seandainya jika tidak ada seseorangpun yang menguasai skill teknik mesin dalam perusahaan Anda, jika mesin sedang mengalami kerusakan siapa yang bisa memperbaikinya? Jawabannya tentu saja adalah seorang ahli dalam bidang tehnik mesin.

Sebenarnya dalam setiap industri, kemampuan teknik mesin ini memang sangat diperlukan. Anda sebagai seorang manajer produksi masih tetap membutuhkan adanya bantuan dari beberapa orang yang ahli dalam bidang tehnik mesin untuk manajemen pemeliharaan mesin-mesin produksi. Karena setiap aktiva tetap berupa mesin produksi ini juga sangat berpengaruh besar dalam setiap proses produksinya, sehingga perusahaan mau tidak mau harus mencari tenaga yang cukup ahli dalam bidang permesinan.

Ilmu teknik mesin seperti ini suatu saat juga akan menjadi sangat penting dalam proses perakitan maupun pembongkaran mesin-mesin industry jika suatu saat perusahaan Anda ingin menjual, membeli atau bahkan memindahkan mesin-mesin produksi dari lokasi yang lama kepada lokasi perusahaan yang baru.

Dalam ilmu teknik permesinan seseorang akan lebih dituntut untuk memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi, kemampuan daya intelektual yang juga harus tinggi. Pernahkah Anda melihat ada seorang mekanik mesin yang malas? Tentu saja tidak, rata-rata diantara mereka selalu lebih aktif dan cukup kreatif dalam mengotak-atik mesin produksi, mereka akan semakin terpacu untuk terus berfikir tentang bagaimana caranya agar dapat mengembalikan mesin produksi yang semula mengalami kerusakan atau bahkan macet berproduksi agar bisa kembali lagi seperti sediakala untuk bisa tetap melanjutkan proses produksinya.

Sedangkan pada jenis industry manufakturing penerapan ilmu permesinan seperti ini akan selalu menjadi sebuah tuntutan jika perusahaan ingin meminimalkan biayanya. Perawatan mesin-mesin produksi, perakitan dan juga adanya inovasi dan peremajaan mesin-mesin produksinya juga masih tetap membutuhkan adanya kemampuan dalam hal teknik permesinan. Karena itulah, maka setiap perusahaan terutamanya adalah dalam bidang manufakturing yang selalu berhubungan erat dengan disiplin ilmu seperti ini.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari penggunaan kemampuan teknik mesin pada internal industry manufaktur selain kemampuan manajemen produksi:

1. Perawatan rutin mesin-mesin produksi perusahaan.

Sangat mustahil jika hanya terdapat beberapa orang yang ahli dalam bidang manajemen produksi saja yang harus melakukan perawatan rutin terhadap mesin-mesin produksi perusahaan. sebuah perusahaan masih tetap membutuhkan adanya seseorang atau bahkan beberapa yang sangat menguasai mesin agar bisa melakukan proses pemeliharaannya. Karena perawatan terhadap mesin-mesin produksi juga sangat penting untuk menjaga agar asset berupa mesin produksi ini tidak cepat rusak dan proses produksi bisa tetap dapat berjalan dengan lancar dan aman.

2. Uji kelayakan proses produksi.

Jika sebuah industry manufaktur yang akan membuat jenis produk baru, maka tentu saja mesinnya juga harus benar-benar lebih diperhatikan. Dan karena alasan itulah maka uji kelayakan produksi ini sangat dibutuhkan agar bisa menghasilkan inovasi jenis produk baru yang semakin lebih baik dan tentunya banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Disinilah peran penting dari skill teknik mesin yang sangat dibutuhkan pada saat uji coba jenis produk baru agar keseimbangan produksi dan hasilnya bisa lebih ditingkatkan lagi.

3. Pemeliharaan rutin dan jika terjadi kerusakan pada alat berat dan proses perakitannya.

Dalam industri terutamanya adalah untuk jenis industry yang memproduksi alat-alat berat, kemampuan teknik mesin ini justru memegang peranan yang lebih penting jauh melebihi kemampuan manajemen produksi jika untuk permasalahan proses perakitan dan pemeliharaan rutinnya. Selain itu, untuk seseorang yang cukup menguasai ilmu ini bisa ditempatkan pada berbagai posisi perusahaan, biasanya untuk posisi tertinggi adalah sebagai supervisor perakitan mesin, manajer pemeliharaan, bagian pensuplai komponen alat-alat berat dan juga desain alat-alat berat untuk industry (pabrik).

4. Kebutuhan untuk bidang usaha lainnya.

Semua jenis bidang usaha hampir bisa dipastikan tetap membutuhkan adanya ilmu teknik mesin ini, mereka yang sangat menguasai ilmu ini banyak dibutuhkan pada jenis-jenis perusahaan, baik BUMN maupun BUMS, perusahaan pertambangan dan juga perusahaan swasta lainnya yang sangat membutuhkan keahlian dalam bidang teknik mesin ini. Kemampuan ini berperan sangat besar dalam operasional perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Nah, sekarang Anda pastinya sudah mengerti bukan! Bahwa sebenarnya pada internal industry manfaktur tidak hanya dibutuhkan adanya kemampuan manajemen produksi, namun juga perlu adanya skill tehnik mesin yang sana-sama saling bersinergi satu dengan yang lainnya. Memiliki kemampuan manajemen produksi tanpa ditunjang dengan skill tehnik permesinan akan percuma dan memiliki kemampuan tehnik permesinan yang tanpa ditunjang dengan skill manajemen produksi juga akan menjadi semakin lebih rumit. Karena hal itulah maka keduanya harus sama-sama ada pada setiap internal perusahaan manufaktur. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, apabila pembaca membutuhkan SOP manufacturing dan software terkait manufacturing, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!