COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

MANFAAT MELAKUKAN CSR (COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) BAGI MASYARAKAT DAN PERUSAHAAN

Sebenarnya, apa itu CSR? CSR (Coorporate Social Responsibility/Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) atau biasanya hanya disebut CSR saja, merupakan sebuah fenomena yang saat ini sedang menjadi sebuah trend dari kebanyakan perusahaan, khususnya bagi perusahaan-perusahaan besar. CSR Adalah suatu konsep dasar atau berupa tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggungjawabnya terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan tersebut berada.

Sebenarnya CSR bukanlah sebuah hal baru pada bidang usaha. Perusahaan-perusahaan besar sekelas dunia sekalipun sudah mulai menjalankan program CSR sudah sejak sangat lama dan mulai banyak dilakukan pada sekitar tahun 90-an. Di Indonesia sendiri, CSR sudah mulai banyak diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam negeri mulai dari tahun 2001 silam.

IMG_3097

CSR pelatihan Petrokimia – Gresik

Kegiatan-kegiatan sejenis CSR yang dilakukan perusahaan biasanya adalah berupa kegiatan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang terus berkelanjutan seperti halnya memberikan beasiswa bagi anak-anak tidak mampu di daerah tersebut, mendirikan sekolah-sekolah kejuruan yang sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitar seperti halnya yang dilakukan oleh PT. Semen Gresik Indonesia, dana-dana yang dikeluarkan juga untuk pemeliharaan berbagai fasilitas umum pada daerah disekitar industri, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang lebih bersifat sosial dan sangat berguna bagi masyarakat.

Manfaat Mengaplikasikan Program CSR Bagi Perusahaan

Sepintas, program CSR sepertinya banyak sekali memberikan manfaat bagi masyarakat. Namun jika kita perhatikan secara lebih mendetail lagi, ternyata program CSR juga mampu memberikan banyak manfaat bagi perusahaan itu sendiri. Beberapa manfaat dari pelaksanaan program CSR bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Semakin Meningkatkan Citra (Nama Baik) Perusahaan Dimata Masyarakat.

Manfaat CSR yang paling utama adalah untuk semakin meningkatkan citra (nama baik) perusahaan. Perusahaan yang sudah pernah melakukan kegiatan CSR akan dipandang memiliki nilai kepedulian yang sangat tinggi dimata masyarakat. Awareness yang begitu positif dari masyarakat terhadap perusahaan akan semakin meningkatkan citra dari perusahaan itu sendiri.

2. Semakin Memperkuat Nama “Brand (Merek)” Perusahaan.

Manfaat CSR yang selanjutnya adalah untuk semakin memperkuat “Brand/Merek” Perusahaan. Tidak jarang diantara beberapa perusahaan-perusahaan yang melakukan CSR juga turut serta untuk memberikan produknya secara cuma-cuma terhadap masyarakat. Dengan cara memberikan produk secara gratis tersebut, secara tidak langsung perusahaan sudah semakin memperkuat posisi brand dan produknya dimata masyarakat. Masyarakat yang sudah menerima produk yang diberikan secara cuma-cuma tersebut akan memakai dan menggunakan serta mengetahui apa saja keunggulan dari produk tersebut.

3. Mampu Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan Lain.

IMG-20171025-WA0011

CSR Yakult

4. Membedakan Antara Perusahaan dengan Para Pesaingnya.

Semakin kerasnya kompetisi di dunia usaha memang tidak mungkin bisa terhindarkan lagi. Berbagai cara banyak yang dilakukan oleh perusahaan pesaing agar dapat menjadi lebih unggul dari para kompetitornya. Salah satunya adalah dengan jalan melakukan kegiatan CSR. Dengan melakukan CSR, maka perusahaan sudah berusaha semaksimal mungkin agar bisa tampil beda dari para pesaingnya serta untuk menunjukan bahwa perusahaannya juga masih memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat sekitar.

5. Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Lebih Meningkatkan Pengaruh Perusahaan Terhadap Masyarakat Sekitar.

CSR bukan hanya sekedar berupa kegiatan putus yang dilakukan oleh perusahaan terhadap masyarakat. CSR adalah bentuk kegiatan yang terus bersinambungan dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat. Dengan CSR pula perusahaan sebenarnya akan mampu untuk menghasilan inovasi dan pembelajaran agar dapat semakin meningkatkan pengaruhnya dimata masyarakat, industri yang terkait bahkan juga termasuk kepada pemerintah daerah setempat.

6. Membuka Jalan Akses untuk Investasi dan Pembiayaan bagi Perusahaan.

Perusahaan yang telah melaksanakan CSR biasanya akan menjadi magnet tersendiri bagi para investor. Banyak diantara investor-investor besar yang ingin sekali menanamkan investasinya kepada perusahaan-perusahaan yang seringkali mengadakan kegiatan CSR, karena dapat meningkatkan citranya juga.

7. Meningkatkan Harga Saham DiPasar Modal.

Pada akhirnya, jika perusahaan rutin melakukan kegiatan CSR yang sesuai dengan bisnis utamanya, dan selalu melakukannya dengan sangat konsisten, maka masyarakat bisnis (investor, kreditur,dan lain sebagainya), pemerintah, akademisi, maupun konsumen akan semakin mengenal perusahaan. Maka permintaan terhadap saham perusahaanpun akan terus naik dan secara otomatis harga saham perusahaan juga akan ikut meningkat.

Nah, itulah sedikit pembahasan tentang apa saja manfaat melakukan CSR (Coorporate Social Responsibility/Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) terhadap masyarakat sekitar bahkan bagi perusahaan itu sendiri, semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian. Anda membutuhkan pelatihan/training dalam rangka CSR, serta kegiatan lainnya yang terkait manajemen perusahaan? Silahkan hubungi 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu. Terima kasih!