LANGKAH SUKSES DALAM MEMBUAT STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF

LANGKAH SUKSES DALAM MEMBUAT STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF

Menentukan strategi marketing yang baik perlu dilakukan oleh setiap perusahaan agar dapat meningkatkan penjualan produk dan layanan kepada para customer dengan sukses. Penentuan strategi pemasaran yang baik memang tidak bisa langsung pada tahapan sekali percobaan langsung berhasil namun merupakan hasil evolusi dari rencana dan strategi pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya, dimana strategi yang berhasil cenderung dipertahankan dan disesuaikan namun strategi yang gagal maka harus diubah karena akan membuang sumber daya perusahaan yang berharga.

Adapun sebuah strategi pemasaran yang baik adalah yang sejalan dengan visi, misi, dan target bisnis yang diinginkan beserta dengan langkah-langkah untuk mencapainya. Sebuah strategi pemasaran lebih berisi tentang arahan dan sasaran-sasaran yang ingin dicapai daripada rencana pelaksanaan yang mendetail, dimana cakupannya pada strategi dapat digunakan selama beberapa tahun mendatang, namun untuk rencana pemasaran biasanya direview tiap tahun.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat strategi marketing yang baik:

  • Identifikasi target dan sasaran bisnis

Sebelum membuat strategi marketing, maka manajemen perlu untuk membuat rencana  dan target pencapaian perusahaan sehingga rencana marketing yang dibuat dapat mendukung rencana pengembangan perusahaan tersebut. Adapun target dan sasaran yang dibuat dalam jangka pendek atau jangka panjang, seperti:

  • Meningkatkan awareness terhadap brand, produk dan layanan perusahaan
  • Memasuki segmen pelanggan baru
  • Meningkatkan market share sampai pada tingkatan tertentu
  • Menentukan sasaran marketing

Berdasarkan target bisnis di atas maka langkah selanjutnya adalah membuat target pemasaran, yang sebaiknya dibuat secara praktikal, dapat diukur hasilnya, dan memiliki target waktu pencapaian. Baiknya bila strategi marketing tidak perlu berganti setiap tahun, namun dapat direvisi apabila target marketing telah tercapai. Pergantian strategi marketing dilakukan bila di dalam pasar mengalami perubahan signifikan, seperti adanya kompetitor baru atau teknologi baru, atau perubahan mendasar pada produk dan layanan bisnis. Sebagai contoh, perkembangan teknologi digital pada email dan aplikasi messenger membuat kantor pos melakukan transformasi untuk lebih fokus sebagai penyedia layanan pengiriman logistik barang dan transfer uang daripada pengiriman surat.

  • Menganalisa dan riset pasar

Melakukan riset pasar dengan baik akan berguna dalam menentukan strategi marketing yang efektif, seperti mencari informasi tentang ukuran besar pasar, tingkat pertumbuhan, tren sosial, dan peta demografisnya (antara lain umur, jenis kelamin, pendidikan, pernikahan, dsb.) Selain itu, tim marketing juga perlu memperhatikan selalu perubahan yang ada pasar sehingga strategi marketing dapat beradaptasi dengan baik dan tetap relevan.

  • Membuat profil customer potensial

Membuat profil customer dengan mengidentifikasi apa saja kebutuhan dan permintaan mereka, dimana profil tersebut sebaiknya mencakup tentang pola pembelian: bagaimana, dimana, kapan, dan apa saja yang mereka beli. Tim marketing juga secara berkala melakukan review terhadap profil customer dan pola pembeliannya sehingga apabila ada perubahan maka dapat dengan segera disesuaikan. Di samping itu, buatlah strategi marketing yang dapat mengakomodasi untuk tetap menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan lama selain juga aktif untuk mencari pelanggan baru.

  • Membuat profil para pesaing usaha

Selain membuat profil pelanggan, strategi marketing yang baik juga membuat profil para pesaing usaha yang dapat mengganggu laju bisnis, dengan mengidentifikasi produk, jasa, supply chain, sistem harga, dan strategi marketingnya. Langkah ini juga dapat dipakai untuk menentukan keunggulan kompetitif yang dapat membedakan antara bisnis anda dengan para pesaing, selain juga melihat keunggulan dan kelemahan di dalam internal perusahaan agar dapat ditingkatkan sehingga nantinya dapat bersaing dengan baik di pasar.

  • Mengembangkan strategi yang mendukung pencapaian target marketing

Membuat daftar target pasar yang diinginkan dan merancang beberapa rencana pemasaran yang sesuai dengan target pasar tersebut. Ada baiknya bila strategi didukung dengan beberapa rencana pemasaran sehingga dalam pelaksanaannya tidak perlu menunggu beberapa saat apabila ada perubahan di dalam pasar maka tim marketing dapat segera melakukan penyesuaian.

  • Menggunakan kombinasi marketing 7P

Setelah itu, tim marketing dapat mengelaborasi rencana pemasaran dengan lebih mendetail dengan menggunakan kombinasi marketing mix 7P yang sesuai antara Produk, Harga (Price), Promosi, Lokasi (Place), Orang (People), Proses kerja, dan Keberadaan Fisik (Physical Evidence) maka akan meningkatkan keberhasilan strategi marketing tersebut.

  • Uji coba rencana marketing

Sebelum melakukan penetrasi pasar dengan strategi marketing yang dibuat tersebut, maka perusahaan dapat melakukan uji coba terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan untuk melihat apakah rencana tersebut dapat berjalan dengan baik atau tidak pada saat pelaksanaan sesungguhnya. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara membuat focus group, survey dengan pasar yang lebih kecil, dan lain-lain.

Semoga dengan langkah-langkah ini tim marketing perusahaan dapat lebih efektif dalam mengembangkan strategi pemasaran produk dan layanannya secara efektif dan dapat mencapai target penjualan yang diinginkan. Apabila pembaca masih memerlukan informasi lebih detail mengenai strategi pemasaran yang sesuai dengan produk dan layanan perusahaan dapat menghubungi kami di 0818521172 atau email ke : groedu@gmail.com.

(Sumber dari www.business.qld.gov.au)