KONSULTAN SISTEM MANAJEMEN JAKARTA 0818521172

MENGAPA HARUS RELOKASI BISNIS?

Relokasi, relokasi dan relokasi sebenarnya kata ini sudah tidak bisa dihindari lagi bagi pengusaha yang sudah merasa sesak nafas dengan kondisi bisnisnya. Semakin lama dibiarkan maka semakin tergerus laba yang diterima oleh pengusaha, padahal biaya operasional cenderung naik. Oleh sebab itu relokasi adalah kata sakti yang bisa menjawab kesulitan para pengusaha. Banyak pabrik yang dari Tangerang, atau dari Jakarta lainnya pindah ke pinggiran kota Jawa Tengah antara lain di Sala tiga, serta kota pinggir lainnya, begitu pula yang di Jawa timur pindah ke lamongan. Mengapa demikian? Lebih baik melakukan relokasi dibanding harus bertempat operasi yang sama dimana UMR sudah tidak bisa lagi membuat pengusaha mengalami sur plus, bahkan minus. Dari pada bangkrut maka solusi ini yang di tempuh, khususnya perusahaan yang padat karya.

Selain sebab UMR, ekonomi yang turun sejak 2 tahun terakhir ini juga menjadi pemicu kenapa perusahaan harus pidah lokasi operasional. Penjualan tidak meningkat tetapi biaya operasional terus naik. Ditambah lagi 2 tahun ke depan ada pesta politik mulai persiapan pemilihan gubernur dan presiden. Pengusaha tidak bisa memprediksi dengan baik kondisi ekonomi mendatang.

Topik dan focus utama bagaimana mengatasi operasional perusahaan agar perusahaan tidak bangkrut. Kalau kita mengok UMR yang setiap tahun naik, tentu saja banyak perusahaan yang kelimpungan dengan kondisi saat ini yang begitu sulit bagi pemilik usaha. Relokasi adalah jalan tengah agar perusahaan tetap bisa beroperasi.

Persaingan usaha semakin ketat, sehingga tidak mengimbangi kebutuhan laba yang semakin lama semakin tergerus. Ini juga menjadi penyebab kenapa pengusaha kepikiran untuk melakukan relokasi karena relokasi ini adalah salah satu solusi yang bijak disamping untuk memperbaiki manajemen perusahaan secara keseluruhan. Dari yang tadi konvensional dan sekarang menjadi modern. Namun

Kendala relokasi seperti ini juga tidak mudah. Banyak pemilik usaha pada akhirnya kesulitan untuk mempersiapkan relokasinya. Padahal sangat dibutuhkan dengan cepat. Banyak kendala yang dialami pengusaha yang akan relokasi antara lain:

Status buruh, mesin, gedung, produk yang dijual dan lainnya termasuk persiapan secara manajemen. Oleh sebab itu agar semua bisa diatasi dengan baik dan relokasi berhasil, memang sebaiknya focus ke hal yang mendasar. Hal mendasar yang wajib diperhatikan adalah system manajemen, mulai dari pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, produksi, marketing dan manejemen itu sendiri. Untuk suksesnya perusahaan perlu mengatur semua itu. Nah, tentunya dengan melakukan step by step semuanya bisa dilakukan dengan lancar. Persoalan manajemen perusahaan dapat lakukan redisain struktur organisasi, Job description, KPI, SOP dan lain-lainnya. Semua jika sudah tuntas maka relokasi bisa dilakukan dengan baik.

Semoga artikel ini membantu pembaca, dan apabila pembaca membutuhkan hal terkait artikel diatas, bimbingan, training dan pembuatan dokumen system manajemen silahkan hububungi kami di groedu@gmail.com atau kontak kami di 081-8521172 atau 081-252-982900. Tim kami siap membantu!

Jogjakarta, Konsultan manajemen Bandung, Konsultan manajemen Jakarta, Konsultan manajemen Palembang, Konsultan manajemen Medan, Konsultan manajemen Banjarmasin, Konsultan manajemen Palangkaraya, Konsultan manajemen Balik papan, Konsultan manajemen Samarinda, Konsultan manajemen Makasar, Konsultan manajemen Menado, Konsultan manajemen Denpasar, Konsultan manajemen Mataram, Konsultan manajemen kupang, Konsultan manajemen bisnis Surabaya, Konsultan manajemen bisnis Semarang, Konsultan manajemen bisnis Jogjakarta, Konsultan manajemen bisnis Bandung, Konsultan manajemen bisnis Jakarta, Konsultan manajemen bisnis Palembang, Konsultan manajemen bisnis Medan, Konsultan manajemen bisnis Banjarmasin, Konsultan manajemen bisnis Palangkaraya, Konsultan manajemen bisnis Balik papan, Konsultan manajemen bisnis Samarinda, Konsultan manajemen bisnis Makasar, Konsultan manajemen bisnis Menado, Konsultan manajemen bisnis Denpasar, Konsultan manajemen bisnis Mataram, Konsultan manajemen bisnis kupang, Konsultan bisnis Surabaya, Konsultan bisnis Semarang, Konsultan bisnis Jogjakarta, Konsultan bisnis Bandung, Konsultan bisnis Jakarta, Konsultan bisnis Palembang, Konsultan bisnis Medan, Konsultan bisnis Banjarmasin, Konsultan bisnis Palangkaraya, Konsultan bisnis Balik papan, Konsultan bisnis Samarinda, Konsultan bisnis Makasar, Konsultan bisnis Menado, Konsultan bisnis Denpasar, Konsultan bisnis Mataram, Konsultan bisnis kupang