KONSULTAN SET UP DISTRIBUTOR, CALL 0818521172 ATAU 081-252-982900

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES DISTRIBUSI DAN JENIS-JENIS DISTRIBUSI

Proses distribusi merupakan salah satu proses terpenting yang selalu berlangsung dalam saluran produk perusahaan. Proses penyaluran produk akan memberikan dampak yang begitu besar pada jumlah pembelian produk dan akan membawa keuntungan bagi perusahaan. Oleh karena itu sangat penting artinya bagi perusahaan untuk melaksanakan proses distribusi dengan lebih baik.

Proses logistik perusahaan adalah untuk memindahkan barang-barang dari produsen kepada konsumen dan dari satu tempat ke tempat lainnya melalui sebuah saluran yang lebih sering disebut dengan saluran distribusi. Penyaluran produk seperti ini harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan juga harus lebih tepat sasaran agar tidak sampai mengecewakan konsumen. Proses distribusi sendiri juga melibatkan berbagai pihak seperti pihak produsen, distributor, dan pedagang.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Proses Distribusi

Proses distribusi merupakan suatu proses yang bisa dibilang tidak mudah untuk dilakukan dan membutuhkan adanya tingkat ketelitian serta ketepatan yang tinggi agar barang-barang yang sampai kepada konsumen dapat sesuai dengan pesanan mereka. Terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhi terjadinya proses distribusi barang dari produsen kepada konsumen.

1. Sifat-sifat barang yang akan dikirimkan.

Barang-barang yang mudah rusak dan tidak tahan lama harus dapat disalurkan dengan lebih cepat agar barang masih bagus pada saat diterima oleh konsumen. Seperti contoh barang-barang yang mudah sekali rusak adalah berupa makanan dan minuman.

Dalam proses distribusi yang perlu diperhatikan adalah ketepatan produk yang nanti akan dikirimkan agar dapat sesuai dengan pesanan konsumen, maka dari itu penyimpanan barang-barang yang lebih teratur juga menjadi faktor penentu utama dari distribusi agar dapat berjalan dengan lancar. Penyimpanan barang yang disimpan di dalam gudang dengan diurutkan terlebih dahulu dapat menggunakan pallet.

2. Keadaan pasar dan konsumen dari produsen tersebut.

Konsumen yang berjumlah sangat banyak akan menyebabkan tingkat penjualan menjadi semakin meningkat. Proses distribusi juga harus dilakukan dengan lebih cepat agar konsumen tidak perlu lagi harus menunggu lama sampai barangnya diterima.

Selain itu yang perlu diperhatikan juga adalah dari faktor geografis konsumen. Konsumen bisa berasal dari berbagai wilayah dalam negeri maupun dari luar negeri. Konsumen yang tersebar luas ini juga membutuhkan adanya saluran distribusi yang lebih tepat agar barang dapat dikirimkan dengan lebih cepat dan lancar.

3. Kredibilitas dari pihak distributor.

Distributor yang dipilih juga harus merupakan distributor yang sudah terpercaya. Distributor harus mampu dalam melakukan proses distribusi dengan lebih tepat dan cepat sehingga citra dari produsen tidak sampai menjadi lebih buruk.

Macam-Macam Jenis Distribusi

Secara umum terdapat tiga macam saluran distribusi yang dilakukan oleh produsen, yaitu:

• Distribusi langsung.

Proses distribusi atau penyaluran barang-barang semacam ini akan dilakukan secara langsung tanpa menggunakan perantara dari saluran distribusi. Barang akan langsung dikirimkan oleh produsen kepada konsumen.

• Distribusi tidak langsung.

Distribusi ini lebih banyak menggunakan pihak lain dalam prosesnya, yaitu distributor dalam mengirimkan barang-barangnya kepada konsumen. Distributor ini bisa berupa agen, pedagang eceran, dan lain sebagainya.

• Distribusi semi langsung.

Distribusi semi langsung akan menggunakan saluran distribusi dalam penyampaian barang-barangnya, namun untuk saluran distribusi ini biasanya masih menjadi bagian dari produsen tersebut.

Distributor juga menerapkan biaya yang berbeda-beda dalam setiap pengiriman barangnya. Karena itu perusahaan juga harus menyesuaikannya dengan anggaran perusahaan. Semakin mahal biaya yang akan dikeluarkan, maka jangkauan distribusinya juga akan menjadi lebih pendek.

Nah, itulah sedikit penjelasan yang harus Anda ketahui dari suatu proses distribusi barang. Sebelum melakukan distribusi produsen sangat perlu untuk mempertimbangkan hal-hal tersebut dengan lebih cermat. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, apabila pembaca membutuhkan informasi mengenai artikel di atas dan membutuhkan pembimbingan dalam set up Distributor baru atau merapikan manajemen Distributor yang sudah ada, silahkan hubungi 0818521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!