KONSULTAN HRM HUBUNGI 0818521172 ATAU 081-252-982900

MANFAAT DAN TUJAN PROGRAM PELATIHAN DALAM BIDANG TALENT MANAGEMENT (MANAJEMEN TALENTA)

Setiap perusahaan hendaknya harus bisa melakukan strategi yang lebih cerdas agar dapat semakin meningkatkan gairah kerja dan produktivitas dari para karyawannya. Sebagai salah satu modal dan asset terpenting milik perusahaan, karyawan merupakan SDM yang hendaknya harus bisa dikelola dengan lebih tepat. Dan salah satu caranya adalah dengan menyelenggarakan pelatihan karyawan tentang talent management (manajemen talenta/bakat).

Banyak diantara perusahaan-perusahaan besar yang mengalami kemunduran dan keterpurukan akibat dari kurang mampunya mereka dalam mengelola SDM yang dimilikinya, sehingga banyak diantara karyawan-karyawan tersebut yang merasa terabaikan dan seperti tidak dihargai oleh perusahaan, akhirnya mereka akan lebih memilih untuk pindah kepada perusahaan lain yang bisa lebih menghargai dan mampu memaksimalkan potensi terbaik mereka bagi perusahaan tersebut.

Dalam hal ini, perusahaan sebagai induk utama dari organisasi yang hanya bisa berkembang dan maju apabilaSDM yang ada didalamnya memiliki kualitas yang lebih unggul dan dapat diandalkan. Tentunya dalam hal ini perusahaan juga harus bisa menemukan strategi terbaik dalam mengelola SDM-SDM tersebut agar bisa menjadi SDM yang lebih berkualitas. Salah satu strategi terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk memoles SDM agar bisa memiliki kualitas yang lebih unggul baik dari sisi kinerja, etika, maupun kemampuan yang optimal adalah dengan jalan manajemen talenta.

Perusahaan bisa mengadakan pelatihan tentang talent management, sehingga perusahaan bisa selangkah lebih awal untuk proses mendapatkan dan mengelola SDM nya agar dapat menjadi SDM yang berkualitas. Dengan manajemen talenta tersebutlah, maka perusahaan juga akan bisa memberikan posisi jabatan dan tugas yang benar-benar sesuai dengan setiap masing-masing bidang keahlian dan ketrampilan yang mereka miliki dengan optimal. Hal ini tentunya juga akan sangat mendukung keberhasilan dari pencapaian tujuan perusahaan untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Meskipun belum banyak diantara perusahaan-perusahaan besar yang memahami betapa pentingnya peranan dari manajemen talenta seperti ini, namun sekarang beberapa perusahaan sudah mulai tertarik untuk mengikuti pelatihan yang berhubungan dengan pengembangan dan pengelolaan talenta serta untuk mengoptimalkan kinerja dari para karyawannya.

Beberapa perusahaan tersebut sudah mulai menyadari bahwa pengelolaan dan pengembangan SDM yang dilaukan secara tepat dan efektif rupanya dapat menjadi salah satu modal terpenting sebagai pendukung utama dari keberhasilan perusahaan. Hal ini juga ternyata sangat efektif untuk bisa menghadapi ketatnya persaingan usaha termasuk juga untuk memperkecil kemungkinan kehilangan SDM berkualitas karena kurang tepatnya pengelolaan terhadap mereka.

Terdapat beberapa tujuan dan manfaat dari dilakukannya pelatihan tentang management talent bagi perusahaan, yaitu:

1. Dengan adanya manajemen talenta tersebut, maka perusahaan akan bisa melakukan identifikasi serta proses seleksi yang lebih tepat terkait dengan proses perekrutan karyawan.

2. Melalui sistem management talent seperti ini pula, perusahaan akan bisa mengurangi terjadinya kemungkinan terjadinya kesalahan penempatan posisi jabatan karyawan yang sebenarnya tidak sesuai dengan skill dan keahlian yang dikuasai oleh si karyawan tersebut.

3. Dengan menggunakan sistem manajemen talenta seperti ini, maka perusahaan juga akan bisa menjadi lebih meningkatkan performa dan kinerja dari karyawan tersebut, sehingga proses kerja dari para karyawan juga akan semakin meningkat melalui pengembangan dan pengelolaan SDM yang lebih tepat dan efektif.

Beberapa strategi yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk mengelola SDM yang dalam hal ini adalah karyawan perusahaan melalui manajemen talenta, yaitu:

1. Strategi identifikasi.
2. Strategi penyeleksian.
3. Strategi pengembangan.
4. Strategi menempatkan karyawan yang berkualitas unggul pada posisi penting di perusahaan. Hal ini juga agar bisa semakin memacu karyawan lain untuk bisa meningkatkan kinerja demi jenjang karir mereka yang lebih baik.
5. Strategi pengembangan sumber daya manusia melalui program-program pelatihan untuk peningkatan kualitas dan performa, sehingga akan bisa memberikan kontribusi yang terbaik bagi perusahaan.

Dalam upaya untuk bisa mencapai keberhasilan terhadap pengelolaan SDM yang ada di perusahaan, maka divisi yang terlibat dalam hal ini hendaknya harus memiliki pengetahuan serta ketrampilan yang bagus yang berhubungan dengan manajemen talenta, sehingga strategi yang akan dilakukan dapat berjalan dengan lebih baik. Melalui pengelolaan yang lebih tepat dan efektif, maka perusahaan akan bisa menghasilkan sumber daya manusia dengan kualitas yang lebih unggul, serta memiliki kinerja dan performa yang lebih bagus demi keberhasilan tujuan perusahaan.

Pelatihan SDM yang berkaitan dengan manajemen talenta sebaiknya harus diikuti oleh seluruh staff, manajer, dan juga para praktisi yang berhubungan langsung dengan sumber daya manusia dan karyawan. Metode Pelatihan tentang Talent Management ini bisa menggunakan beberapa metode, yaitu:

• Seminar.
• Diskusi kelompok.
• Game/permainan simulasi.
• Berbagai tugas-tugas.
• Bermain peran tugas dan tanggungjawab.
• Studi kasus dan lain sebagainya.

Melalui beberapa metode tersebut, maka peserta pelatihan akan bisa lebih memahami tentang bagaimana sistem dan konsep dari manajemen talenta dalam upaya untuk pengembangan SDM di perusahaan. Tentu saja, perusahaan juga harus membuat perencanaan yang terbaik dan efektif terkait dengan program pelatihan tentang talent management tersebut, sehingga pelatihan seperti ini akan bisa memberikan dampak dan kontribusi yang positif bagi para karyawan, juga yang terpenting adalah bagi perkembangan dan keberhasilan dari tujuan perusahaan.

Dengan jalan mengelola SDM yang ada di perusahaan dengan baik dan menempatkan karyawan-karyawan tersebut agar bisa sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing, maka hal ini akan semakin membuka lebih banyak lagi peluang untuk jenjang karir bagi karyawan dimasa mendatang.

Hal ini juga akan semakin banyak membantu karyawan tersebut dalam menguatkan motivasi dan keinginannya untuk bertahan di perusahaan dengan semakin meningkatkan kinerja dan performa kerjanya secara individu maupun demi tujuan perusahaan. Nah, itulah sedikit penjelasan seputar manfaat dan tujuan dari program-program pelaksanaan pelatihan dalam bidang talent management (manajemen talenta), semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Apabila perusahaan anda membutuhkan bimbingan dalam pembuatan SOP HRD, Rekrutmen karyawan level mandya, assessment excecutive, dan membutuhkan software pay roll dan HRD, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 0818521172 atau 081-252-982900 untuk penjelasan lebih lanjut. Kami siap membantu anda. Terima kasih!