KESELAMATAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN KERJA

SAFETY AND HEALTH ENVIRONMENT (KESELAMATAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN KERJA) BERDASARKAN MASING-MASING BIDANG INDUSTRINYA

Sebenarnya untuk jaminan keselamatan kerja bukan hanya untuk satu bidang pekerjaan saja, namun juga untuk sektor industri dan juga sektor-sektor yang lainnya. Para pekerja industri memang sangat membutuhkan adanya suatu jaminan keselamatan kerjanya. Para pekerja konstruksi banguan juga tetap membutuhkan adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja untuk mencegah dari terjadinya bahaya pekerjaannya.

Bagi seorang nelayanpun juga tetap membutuhkan adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja dari resiko kapal/perahu yang tenggelam atau diserang bajak laut di lautan luas. Pada beberapa sektor lainnya kesehatan dan keselamatan kerja memang sangat dibutuhkan, terutama jika karyawan yang sehari-harinya bekerja dengan tingkat resiko kecelakaan yang sangat tinggi, seperti contoh, bahwa hal-hal seperti ini bisa terlihat dari beberapa perusahaan jasa trasportasi yang seringkali menyebabkan terjadinya kecelakaan kendaraan pada karyawannya saat mereka sedang bekerja. Berikut ini adalah beberapa sektor bidang-bidang pekerjaan yang seharusnya sangat membutuhkan adanya jaminan dari resiko terjadinya kecelakaan dan kesehatan saat mereka sedang bekerja.

1. Perusahaan Konstruksi.

Perusahaan konstruksi merupakan salah satu bidang pekerjaan yang cukup berbahaya dan beresiko besar untuk menyebabkan kematian jika dibandingkan dengan jenis-jenis pekerjaan lainnya. Pekerjaan kostruksi adalah pekerjaan yang lebih sering menyebabkan terjadinya kematian pada karyawannya karena faktor peralatan kerja yang kurang memadai. Seharusnya semua pekerja pada bidang konstruksi juga harus menggunakan alat-alat pengaman kerja, seperti helm standart, guardrail, pemeriksaan tangga non permanen dan juga menggunakan scaffolding untuk mengurangi terjadinya resiko kecelakaan pada saat sedang bekerja.

Jika tidak ada jaminan keselamatan dan kesehatan kerja pada karyawan maka tentu saja akan bisa menyebabkan terjadinya kerugian yang lebih besar, terutamanya pada pekerja itu sendiri. Bidang kostruksi sekalipun yang telah menggunakan berbagai peralatan dan perlengkapan yang cukup memadai dan canggih tetap saja membutuhkan adanya jaminan keselamatan dan kesehatan bagi karyawannya.

2. Bidang Pertanian.

Para pekerja yang setiap harinya bekerja dalam bidang pertanian juga beresiko besar terganggu kesehatannya yang diakibatkan dari penggunakan bahan-bahan kimia pertanian, penggunaan mesin pertanian dan beberapa alat-alat pertanian lainnya. Permasalahan kesehatan yang lebih sering muncul diantaranya adalah berupa penyakit paru-paru, luka pada kulit, kanker dan luka terguling akibat penggunaan alat-alat pertanian.

Beberapa bahan kimia seperti pestisida dan bahan-bahan kimia lainnya yang banyak digunakan dalam bidang pertanian memang sangat berbahaya bagi kesehatan para pekerja. Bahan kimia tersebut lebh sering mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan berupa kerusakan pada organ-organ seksual dan juga mengakibatkan gangguan kehamilan dan kelainan pada bayi.

3. Sektor jasa

Bidang pekerjaan pada sektor jasa memang tidak terlalu beresiko untuk mengganggu kesehatan dan kematian apabila dibandingkan dengan pekerjaan pada sektor pertanian maupun sektor konstruksi . Namun untuk jenis permasalahan kesehatan yang lebih sering dialami oleh para pekerja pada sektor jasa diantaranya adalah karena stress dan terjadinya obesitas. Stres tersebut lebih sering disebabkan oleh terlalu banyaknya pekerjaan yang sudah dibebankan kepada para pekerja tersebut yang bisa menimbulkan terjadinya kejenuhan dan stress yang cukup berat.

Ada kalanya untuk bidang usaha jasa ini menyebabkan terjadinya depresi pada setiap karyawan karena tuntutan dari atasan yang terlalu berlebihan. Para pekerja seperti merasa bahwa dirinya sangat terbebani oleh tugas-tugas tersebut dengan pekerjaan di kantornya dan mereka sama sekali tidak terlalu memikirkan kesehatan mereka. Dan semakin lama-kelamaan mereka akan menjadi jatuh sakit dan tidak ada jaminan untuk kesehatan dan keselamatan yang didapatkan dari perusahaan.

4. Sektor usaha pertambangan dan perminyakan.

Resiko yang harus dialami oleh para pekerja yang berada di sektor pertambangan, baik itu adalah dari tambang batu bara, tambang minyak bumi dan gas maupun jenis tambang-tambang lainnya adalah sangat risiko besar untuk terpapar oleh bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya. Asap dari bahan kimia yang disebabkan oleh tambang minyak bumi dan dan gas atau batu bara bisa menyebabkan terjadinya resiko lain, seperti homesick. Para pekerja pertambangan tersebut seharusnya mendapatkan jaminan keselamatan dan kesehatan lingkungan dilingkungan kerjanya.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang safety and health environment (keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja) berdasarkan masing-masing bidang industrinya. Semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, apabila pembaca membutuhkan informasi terkait artikel diatas dan membutuhkan konsultan ISO, up grade ISO dan pelatihan tentang materi di atas. Silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu. Terima kasih.