PERLU PENYALURAN PRODUK KE PASAR, CALL 081-8521172 ATAU 081-252-982900

FAKTOR-FAKTOR YANG HARUS LEBIH DIPERHATIKAN DARI BERBAGAI KEGIATAN DALAM PROSES DISTRIBUSI PRODUK-PRODUK HASIL PRODUKSI

Dalam dunia bisnis, kita banyak mengenal berbagai macam jenis dan bentuk dari beberapa proses bisnis yang mana salah satu dari proses bisnis tersebut adalah berupa proses distribusi. Sama seperti yang sudah kita ketahui juga, bahwa proses distribusi merupakan sebuah proses dari penyaluran barang-barang dari pihak produsen terhadap para konsumen (agen-agen) dan selanjutnya akan diteruskan kepada konsumen akhir.

Dalam berbagai aktivitasnya, proses distribusi disini tidak hanya sekedar berperan sebagai penyalur barang-barang hasil produksi saja, proses distribusi juga memiliki peran lainnya, yaitu:

1. Untuk membantu dalam meratakan hasil-hasil produksi.
2. Meningkatkan nilai guna dari barang-barang.
3. Membantu untuk melancarkan proses produksi.
4. Untuk membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar.

Kegiatan distribusi juga sangat dipengaruhi dan bergantung kepada quantity atau jumlah dari volume barang yang terdapat pada warehouse (gudang). Karena, jika quantity yang dimiliki oeh warehouse sama sekali tidak mencukupi atau masih kurang dari jumlah yang telah di order, maka proses penyaluran barang-barang bisa berjalan lebih dari sekali atau bisa juga sisa-sisa pengiriman yang masih belum terkirim akan di cancel.

Meskipun sebenarnya semua itu juga masih bergantung kepada kesepakatan diantara produsen dan konsumen, namun tetap saja akan memberikan dampak yang lebih buruk bagi perusahaan.
Karena hal itulah, maka untuk menghindari agar tidak sampai terjadi hal–hal yang tidak di inginkan seperti di atas, maka kita harus lebih memperhatikan tentang beberapa faktor-faktor penting pada proses dari kegiatan distribusi seperti:

1. Fasilitas yang harus memadai.

Aspek fasilitas merupakan salah satu aspek yang harus lebih di perhatikan dalam proses dari kegiatan distribusi. Kelengkapan dari fasilitas yang paling banyak dibutuhkan dalam proses distribusi tentunya akan sangat mendukung kelancaran serta cukup mendukung kinerja dari proses distribusi dengan lebih maksimal.

klik di sini

2. Transportasi.

Dalam proses distribusi, transportasi juga sama pentingnya dengan penyediaan fasiitas. Pertimbangan dari ketersediaan sarana dan prasarana transportasi akan sangat mempengaruhi kebijakan dari kegiatan distribusi yang harus bisa diambil. Semakin bagus ketersediaan transportasi, maka akan menjadi semakin mudah pula untuk mempermudah dalam proses produksi.

3. Faktor ketersediaan barang-barang hasil produksi.

Ketersediaan barang-barang hasil produksi yang menyangkut juga barang-barang jadi, bahan baku, bahan setengah jadi, jasa pengiriman, dan lain sebagainya juga harus tetap diperhatikan agar tidak sampai terjadinya kekurangan barang-barang atau kurang stok barang dari jumlah yang sebelumnya telah di order oleh para konsumen dan lain sebagainya.

4. Tingginya tingkat penjualan.

Bagi sebuah perusahaan, tingkat penjualan merupakan salah satu kunci atau bisa juga diasumsikan sebagai sebuah tolak ukur dari tingkat keberhasilan perusahaan. Maka dari itu sangat penting artinya bagi kita untuk dapat mengelola tingkat penjualan dengan lebih baik.
Dalam hal ini, seperti yang kita lihat, bahwa tingkat penjualan bisa menjadi salah satu faktor yang sangat penting karena dari faktor inilah yang nantinya akan menjadi penentu utama dari tingkat keberhasilan dari suatu perusahaan.

Yang harus selalu kita ketahui adalah, semakin tinggi tingkat penjualannya, maka akan menjadi semakin rumit pula proses bisnis yang akan kita hadapi selanjutnya. Namun juga bukan berarti bahwa semua hal-hal itu tidak dapat di kerjakan dengan lebih baik. Sekarang ini sudah banyak sekali berbagai jenis software-software bisnis untuk distributor yang dapat kita gunakan sebagai alat bantu yang cukup efisien dalam menyederhanakan berbagai macam proses bisnis distribusi.

Dengan adanya dukungan dari setiap modul-modul yang dimilikinya, maka software distribusi dapat menghandle berbagai macam aspek-aspek bisnis secara lebih efektif dan juga cukup efisien. Jadi, menjadi serumit apapun proses bisnisnya, Anda masih dapat mengerjakannya dengan lebih mudah dengan menggunakan software distribusi.

Nah, sekarang pastinya Anda sudah sedikit memahami bukan atau setidaknya sudah memiliki gambaran yang lebih jelas tentang apa saja faktor-faktor yang harus lebih diperhatikan dalam berbagai kegiatan proses distribusi untuk penyaluran produk-produk hasil produksi. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan pembimbingan dalam menyalurkan produk hasil produksi dengan menggunakan mitra para distributor, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu.