CONTROL EFEKTIF KANTOR CABANG

MEMBANGUN SISTEM KERJA YANG LEBIH EFEKTIF DAN EFISIEN DALAM MENGONTROL BANYAK CABANG MILIK PERUSAHAAN

Terlalu seringnya para business owner yang senang untuk berjalan-jalan. Namun bukan dalam artian berjalan-jalan untuk berlibur atau refreshing akan tetapi malah ke setiap cabang-cabang dari tokonya sendiri setiap harinya. Banyak orang yang berkata bahwa “Bisnis berjalan, bossnya sekarang sedang jalan-jalan, pemiliknya sedang berlibur keluar kota” merupakan sebuah ungkapan mitos dan tidak semuanya benar.

Fakta sebenarnya yang paling banyak terjadi dilapangan adalah tidak semua bos bisa dengan leluasa berjalan-jalan ke tempat-tempat wisata yang bagus dan indah, ketempat berlibur yang nyaman dengan menginap disebuah villa yang mewah. Melainkan hanya sekedar berjalan-jalan ke masing-masing cabang-cabang tokonya sendiri untuk setiap hari mengurus dan dipusingkan dengan berbagai urusan-urusan bisnisnya. #Astaga tepok jidat sendiri.

Sebenarnya hal semacam itu tidak sepenuhnya salah juga, karena bisnisnya bisa dikatakan bahwa masih belum bisa di tinggal karena menjalankan sistem operasionalnya yang masih belum se stabil seperti perusahaan-perusahaan besar lain yang sudah berjalan hingga puluhan tahun dan manajemennya sudah serba tersistem dengan baik. Masih banyak berbagai permasalahan dan urusan-urusan dari bisnis tersebut yang belum sempat ditemukan solusinya, seperti: masih ada salah satu diantara karyawannya yang teledor, tidak disiplin dan terlalu sulit diatur, stok barangnya yang tidak jelas keluar-masuknya, omset yang setiap saat terkadang naik dan juga terkadang semakin menurun yang membutuhkan analisis lebih lanjut.

Entah berawal dari mana, namun jika tidak segera di selesaikan maka akan bisa semakin bertambah kacau. Penyebabnya adalah biasanya berasal dari kurang atau lemahnya sistem control terhadap manajemen kerja yang baik. Apalagi jika sebuah bisnis yang masih baru mulai berjalan beberapa bulan atau hanya beberapa tahun berjalan masih bisa dikatakan sebagai hal yang wajar-wajar saja, namun jika sudah bertahun-tahun bisnisnya berjalan seperti ini?

Ya Anda seharusnya bisa lebih paham tentang akibatnya. Anda sebagai seorang pemilik bisnis yang malah menjadi sama sekali tidak ada waktu untuk bisa berkumpul dengan keluarga karena harus mengurus usahanya yang sedang kacau. Apalagi jika sudah memiliki banyak cabang. Maka harus berapa kali Anda harus pergi sana-sini, bolak balik untukmenghandle segala urusan disetiap cabangnya?

Apalagi jika cabangnya sampai berbeda kota, dan yang lebih parahnya lagi adalah sudah berbeda provinsi. Berapa banyak uang yang harus Anda habiskan untuk mengunjungi setiap masing-masing cabang dari usaha Anda tersebut?

Ditambah lagi jika tiket pesawat itu sudah semakin mahal lho. Karena masih terpengaruh dengan konversi dollar ke rupiah yang semakin lama semakin tinggi. Keuntungan yang seharusnya bisa menjadi milik Anda malah menjadi semakin habis hanya untuk sekedar ongkos bolak-balik ke setiap cabang-cabang usaha Anda.

Misalnya jika dirincikan untuk pengeluaran yang sudah Anda gunakan untuk pergi ke setiap cabang bolak-balik dari Jakarta ke Surabaya atau sebaliknya adalah kurang lebih sekitar Rp. 600 Ribu-an/sekali jalan, lalu jika misalnya Anda memiliki cabang usaha lain di Sulawesi, maka tiketnya adalah sekitar Rp. 1.300 Ribuan-an/perjalanan, belum lagi apabila ada salah satu dari cabang bisnis Anda yang lebih jauh lagi, yaitu di Papua?

Semisal saja jika Anda tidak harus bolak-balik pergi, Anda bisa mendapatkan peluang untuk menghasilkan banyak sekali penjualan dengan mengalihkan segala biaya dari bolak-balik pergi tersebut untuk melakukan promosi. Yups, biaya-biayanya bisa dialihkan sangat cukup untuk berpromosi bisa menghasilkan penjualan yang lebih banyak lagi.

“Setiap ada permasalahan, maka pasti akan selalu ada rintangan yang harus dihadapi”. Dan tentu saja, yang harus Anda lakukan adalah dengan menghadapi rintangan-rintangan yang ada tersebut sehingga masalah seperti ini juga bisa segera terselesaikan. Sekarang adalah permasalahannya dari sisi operasional usaha yang sejak lama sudah kacau. Agar permasalahan seperti ini bisa segera selesai, maka Anda harus memikirkan tentang bagaimana cara agar bisa mengatasi permasalahan operasional yang sedang kacau tersebut.

Solusi terbaiknya adalah dengan membangun sistem kerja yang lebih efektif & efisien. Jika berbicara tentang efeknya, maka hasilnya (meskipun membutuhkan waktu yang agak lama) namun akan sangat memuaskan. Anda sudah tidak perlu lagi harus merasa kebingungan untuk memikirkan operasional perusahaan yang kacau tanpa harus bolak-balik untuk pergi ke setiap cabangnya.

Lalu sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah: Bagaimana untuk bisa membangun sistem kerja yang lebih efektif dan efisien? Ok, mari kita bahas permasalahan ini dengan perlahan-lahan dan kepala dingin.

• Pertama, mengapa permasalahan seperti ini bisa sampai terjadi? Mari kita menyebutkan berbagai kemungkinan-kemungkinan yang bisa menyebabkan operasional sampai menjadi kacau. Misalnya, seperti: SDM yang kurang teliti, penghitungan keuangan yang tidak akurat, dan masih banyak lagi hal-hal yang lainnya.

Yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan melatih karyawan Anda agar mereka bisa bekerja dengan lebih baik lagi, menghindari agar tidak sampai terjadi masalah penghitungan keuangan dengan bantuan dari penggunaan aplikasi keuangan, mengelola stok-stok barang yang masuk dengan lebih teliti lagi, dan lain sebagainya.

• Kedua, siapa saja yang sudah terlibat dalam permasalahan seperti ini? Anda harus mengetahui siapa saja orang-orang yang sudah terlibat dalam permasalahan ini. Apakah bagian kasir? Apakah bagian pengelola stok? Apakah bagian pelapor? Jika Anda sudah mengetahuinya, maka langkah selanjutnya adalah Anda bisa segera melakukan tindakan agar kekacauan seperti ini tidak sampai terulang kembali.

• Ketiga, kapan saat permasalahan seperti ini terjadi? Ketahui juga periode waktu perkiraan pastinya yang menyebabkan permasalahan seperti ini terjadi. Misalnya terjadi pada saat musim keuangan yang sedang tidak stabil saja, atau pada saat terjadinya kenaikan konversi dollar terhadap rupiah. #BisaSaja dan lain sebagainya.

• Keempat, dimana permasalah ini awalnya terjadi? Khususnya bagi Anda yang memiliki banyak cabang wajib mengetahui cabang mana yang seringkali menyebabkan dan mengalami permasalahan seperti ini. Tujuannya adalah agar Anda bisa menyelesaikannya dengan tepat waktu dan tidak sampai menjadikan kondisi cabang semakin parah.

• Kelima, hal-hal apa saja yang menyebabkan permasalahan seperti ini bisa terjadi? Oke, kali ini adalah pembahasan terakhir, selanjutnya cari tahu apa saja penyebabnya dan lakukan list (pencatatan) dari masing-masing masalah dan segera selesaikan satu persatu dengan melakukan tidakan sigap agar tidak sampai terulang kembali.

Semoga sedikit penjelasan singkat diatas bisa bermanfaat bagi Anda sekalian dan segera STOP rasa lelah akibat dari pusing bolak-balik untuk mengontrol banyak cabang satu per satu. Anda ingin cabang anda bisa dikontrol dengan baik? Gunakan software accounting dan manajemen system yang handal. Silahkan hubungi kami di 081-8521172 atau 081-252-982900 atau ke groedu@gmail.com , tim kami siap membantu!