CARA EFEKTIF MENYUSUN SOP SALES & MARKETING

CARA EFEKTIF MENYUSUN SOP SALES & MARKETING

Menyusun SOP marketing memang tidak mudah, dibutuhkan pengetahuan praktis mengenai proses bisnis dibagian marketimg. Umumnya dimulai dari Standard bagaimana melayani pelanggan, menerima telphon, handling komplain, serta memproses sebuah order sampai barang diterima konsumen. Alur SOP sales & marketing setiap perusahaan tidak sama. Serta dipengarui sekali oleh kebijakan perusahaan masing-masing. Di SOP layanan pelanggan berkaitan pembayaran terdapat SOP bagaimana bagian marketing melakukan transaksi produk yang dipasarkan. Mulai pembuatan SO (sales order) memproses SO sampai barang terkirim, dan bagaimana transaksi ini bisa diuangkan. Peraturan perusahaan yang berbeda adalah penjualan secara kredit atau tunai, atau  C.O.D (Cash on delivery). Pada standard penjualan dan kredit ini pasti berbeda tata caranya.

Supaya SOP sales dan marketing ini bisa dibuat dengan baik, maka perlu seorang praktisi yang latar belakangnya di sales dan marketing. SOP ini tidak semua orang bisa membuat secara detail jika tidak memiliki pengalaman di bagian ini, oleh sebab itu apabila menyusun SOP sales dan marketing dan meminta bantuan orang lain, kenalilah terlebih dahulu latar belakang yang membantu membuatkan SOP tersebut. Berikutnya yang perlu diketahui juga karena bagian sales dan marketing ini sangat dinamis, maka acapkali SOP marketing berubah sesuai dengan dinamika yang ada. Kalau tidak sering di up date dan diperbarui SOP-nya, maka layanan kepada pelanggan menjadi tidak relevan lagi.

Nah, bagaimana cara efektif membuat SOP marketing agar bisa digunakan dan dipatuhi oleh para pelaksana penjualan dan pemasaran ini, antara lain yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Pelajari proses bisnis dalam tata cara penjualan produk perusahaan, yang dihubungkan dengan barang yang dijual. Produk teknik berbeda sekali dengan produk FMCG, karena produk teknik perlu kendalaman pengetahuan produknya secara teknis.
  2. Pelajari tipe pelanggan yang ada, karena target pelanggan untuk suatu produk selalu berbeda. Setiap pelanggan memiliki perilaku yang berbeda dalam memutuskan pembelian. Jadi jangan asal menerapkan SOP marketing perusahaan lain, pasti tidak akan sesuai.
  3. SOP yang dibuat sebelum diterapkan, sebaiknya disosialisasikan terlebih dahulu agar para pelaksana pemasaran tidak terkejut, dan buatlah step by step pelaksanaannya. Serta up date dan perbaikilah apa kekurangan SOP sales dan marketing itu.
  4. Buatlah check-list pelaksanaan SOP agar diketahui, pemasar mana yang konsisten melakukan pekerjaannya sesuai prosedur dan mana yang tidak, serta ceklah kebenaran check-list di lapangan, jangan sampai check-list dilakukan secara sembarangan.

Mudah-mudahan langkah-langkah diatas bisa membatu para pembaca yang terjun di pemasaran. Serta apabila langkah-langkah diatas masih belum memberikan jawaban dan bantuan dalam pembuatan SOP sales dan marketing, maka silahkan hubungi 0818521172 atau email langsung ke groedu@gmail.com. Semoga artikel ini membawa kesuksesan.