CARA EFEKTIF MENYUSUN SALES TERRITORY PERUSAHAAN

CARA EFEKTIF MENYUSUN SALES TERRITORY PERUSAHAAN

Mengapa kita wajib menyusun sales territory perusahaan? Serta apa yang dimaksud dengan sales territory? Sales Territory adalah cara efektif bagaimana memetakan wilayah penjualan yang ada di suatu geografis tertentu. Seperti yang diketahui bahwa wilayah Indonesia sangat luas dengan kota yang tersebar dari Sabang sampai dengan Merauke. Luasnya wilayah penjualan tidak memungkinkan semua produsen ataupun distributor melakukan pengcoveran (mengerjakan) wilayah begitu luas dalam menyebarkan produk-produk yang dipasarkan. Adanya sales territory perusahaan akan sangat mudah dan focus dalam mengerjakan suatu wilayah penjualan. Serta yang diketahui bahwa Produsen jika menggunakan Distributor sebagai mitra kerja sama akan menentukan wilayah penjualannya. Sehingga Distributor dapat focus dalam mengerjakan wilayah penjualan yang diberikan oleh Principal.

Kewajiban menyusun sales territory sangat berkaitan dengan strategy penjualan dan pemasaran produk perusahaan, oleh sebab itu sebaiknya kita tidak pernah mengabaikan hal ini supaya perusahaan tidak melakukan pekerjaan yang sia-sia. Seperti contohnya perusahaan yang terlalu luas memasarkan produk-produknya pada akhirnya tidak bisa memenuhi permintaan dari konsumen yang tersebar luas tersebut. Pemetaan wilayah penjualan sangat penting selain untuk kebutuhan agar Distributor focus, jika Perusahaan yang menginginkan. Distributorpun akan jelas dalam memasarkan produk-produk yang diageninya.

Secara umum dengan mengetahui cara melakukan pemetaan wilayah penjualan yang efektif maka perusahaan akan mendapat manfaat.

  1. Biaya operasional yang dikeluarkan dapat dianggarkan dengan baik sehingga mengurangi pemborosan biaya operasional seperti pengeluaran bahan bakar, penggunaan SDM, penggunaan kendaraan, parkir dan pemeliharaan kendaraan.
  2. Perusahaan bisa bersaing dengan sangat tangguh, sebab dengan dikuasainya suatu wilayah penjualan maka perusahaan tidak memberikan kesempatan sedikitpun pada pesaing untuk masuk di wilayah yang sudah dipetakan tersebut.
  3. Kaitan dengan butir nomer 2, perusahaan diuntungkan dengan adanya rute perjalanan yang telah dijadwalkan sedemikian rupa sehingga customer memiliki kesiapan dalam penyediaan dana untuk pembelian barang serta mengatur stok minimal yang tepat.
  4. Pemetaan wilayah dapat membantu SDM dalam mengelola wilayah penjualan masing-masing sebab setiap sales force akan memiliki akun yang sesuai dengan wilayahnya dengan demikian omzet penjualan bisa dihitung dengan baik dan insentif yang didapatkanpun sesuai dengan potensi penjualan masing-masing wilayah.
  5. Pemetaan wilayah yang tepat bisa mengestimasikan armada yang dibutuhkan, sales people yang dibutuhkan sampai dengan penetapan target yang tepat, sebab di setiap wilayah bisa dihitung potensinya dengan baik beserta jumlah outlet yang ada di wilayah.

Sales territory management ini tidak sembarangan karyawan bisa melakukan minimal sales supervisor dan sales manager, atau konsultan sales distribusi yang berpengalaman dalam membimbing klien yang memiliki usaha bidang distribusi atau manufacturing yang memiliki output produksi yang bisa didistribusikan. Pemetaan wilayah selain berbekal pengetahuan secara lapangan dan peta, tetapi strategy yang dimiliki konsultan dalam memetakan suatu wilayah tidak bisa sembarangan. Silahkan klik e-book sales territory di sini, dan apabila pembaca membutuhkan pendampingan dalam memetakan wilayah penjualan silahkan menghubungi kami sebagai konsultan yang telah pengalaman di bidang ini.

Groedu International Consultant
City Of Tomorrow Mall, Jl. A Yani No. 288 (Bunderan Waru) Lantai UG, Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya.
Telphon : 031-33311179
Handphone : 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati)
Email : groedu@gmail.com
website : www.konsultanmanajemenoutopilot.com