CARA EFEKTIF MEMBANGUN PABRIK BARU MENGGUNAKAN GMP (GOOD MANUFACTURING PROCESS)

CARA EFEKTIF MEMBANGUN PABRIK BARU MENGGUNAKAN GMP (GOOD MANUFACTURING PROCESS)

Membangun pabrik baru menurut beberapa investor sangat gampang. Tetapi tidak untuk orang lain yang belum paham. Membangun pabrik pasti akan sangat sulit, karena harus mengintegrasikan banyak hal dalam pabrik. Mulai penyimpanan bahan baku, peletakan mesin dimana bahan baku diproses dan bagaimana hasil produksinya siap dipaking dan siap didistribusikan kepada penyalur Distributor atau agen. Apabila sudah terbiasa membangun pabrik  pengintegrasian berbagai elemen sangat dibutuhkan dan menjadi utama. Nah, kalau seperti ini kita berbicara mengenai lay out pabrik, dan mengatur proses produksi dengan baik. GMP adalah salah satu ilmu yang mendasari bagaimana pabrik kita bisa terintegrasi dengan baik, sehingga diperoleh hasil maksimal dalam pekerjaan. Seperti teori Frederick Winslow Taylor, bahwa gerakan tangan para pekerja dan gerakan mesin harap dikalkulasikan dengan benar. Apalagi jika 80% pabrik kita adalah padat karya, maka teori Taylor ini sangat ampuh bila diaplikasikan sehingga hasil produksi pabrik dapat maksimal.

Pada saat ini batuan konsultan GMP, disertai ISO manajemen, maka satu kesatuan dapat tercipta dengan baik. GMP akan mengatur proses produksi sesuai dengan alur yang bisa mengahasilkan out put produksi maksimal, mulai dari peletakan bahan baku, mesin, output produksi dan pendistribusian produk nantinya. Sedangkan manajemen ISO akan membantu menstandarisasi baik system manajemen maupun orang/pekerja di dalam pabrik. Dengan demikian proses produksi akan berjalan baik dan dengan benar. Misalnya pabrik makanan, secara lay out mesti tertata dengan baik sehingga hasil produksinya maksimal, dengan lingkungan standard dan kebersihan, termasuk orang-orang pekerjanya. Apabila pabrik sudah berada dalam kondisi seperti ini artinya hasil olahan pabrik akan terstandard baik disisi produksi dan kesehatan.

Kesadaran membangun pabrik makanan sangat dituntut sedemikian rupa, apalagi jika produk yang dihasilkan di-export ke Negara lain. Dimana Negara lain meminta persyaratan ISO safety food dan GMP. Nah, sebaiknya diidentifikasi pabrik kita itu sedang memproduksi apa? Jika makanan maka standard GMP dan ISO safety food wajib diberikan selain lingkungan yang cukup bersih dan aman.

Bagaimana set up manufacturing kita di masa mendatang? Kita wajib mengetahui pabrik yang akan kita bangun, sehingga segala perangkat yang terintegrasi bisa dilakukan dengan baik. Masa persiapan manufacturing wajib dilakukan sebelum semuanya jadi dan timbul masalah serius sehingga pabrik tidak bisa beroperasi dengan baik. Khusus untuk pabrik makanan dan obat, hal ini tentu wajib sangat-sangat diperhatikan, sebab jika tidak diperhatikan maka kesulitan akan menyongsong kita, sehingga investasi yang kita tanamkan akan sia-sia.

Semoga artikel pendek ini menjadi inspirasi dan menjadi bermanfaat bagi pembaca. Apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pembangunan pabrik, dan membutuhkan bimbingan dan pendampingan maka kami siap membantu. Hubungi kami di 0818521172 atau di 081252982900, atau email ke groedu@gmail.com ( Frans M. Royan)