Artikel

KESALAHAN-KESALAHAN FATAL YANG HARUS DIHINDARI PENGUSAHA APABILA  INGIN SUKSES MEMBUKA KANTOR CABANG BARU

Terkadang yang menjadi kelemahan utama dari seorang pengusaha yang ingin sekali membuka kantor cabang baru adalah terlalu terburu dalam bertindak dan seringnya mengabaikan kesiapan sarana dan prasaran dari kantor cabang baru tersebut.

Pada saat roda perputaran perusahaan sudah mulai lancar, karyawan Anda sudah bertambah banyak, dan berbagai sarana peralatan kantor sudah tersedia, maka Andapun ingin segera membuka kantor baru. Banyak diantara pengusaha yang sudah memiliki beberapa kantor cabang karena semakin bertambahnya karyawan dan begitu pesatnya perkembangan dari bisnis.
Namun tidak semuanya berani mencoba untuk membuka kantor cabang baru. Karena adanya dasar pemikiran bahwa akan adanya pengeluaran tambahan berupa biaya pembangunan cabang baru dan begitu rumitnya untuk mengeloa pengadaan peralatan dan perlengkapan yang harus dipersiapan untuk kantor cabang baru harus bertambah.

Namun sebenarnya, ada baiknya juga pada saat bisnis Anda memiliki beberapa kantor cabang. Salah satu diantaranya adalah karyawan Anda jadinya akan semakin menyebar, sehingga perusahaan sanggup menjangkau wilayah-wilayah yang jauh lebih luas lagi dari sisi pemasaran dan penyerapan profit bagi perusahaan pusat. Dengan memiliki kantor cabang yang berlokasi berbeda dengan kantor pusat, setidaknya pelanggan atau calon pelanggan yang dulunya masih belum tersentuh oleh bisnis, kini perlahan-lahan namun pasti akan bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah. Namun, sebelum memutuskan akan membuka kantor cabang baru, setidaknya Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa Anda, jangan sampai melakukan beberapa kesalahan fatal berikut ini.

1. Terlalu tergesa-gesa dalam memilih lokasi kantor cabang baru tanpa memikirkan resiko dan akibat untuk kedepannya.

Membangun kantor cabang baru itu artinya sama saja dengan Anda melakukan persiapan untuk pindahan rumah baru yang ke dua. Setidaknya Anda membutuh waktu untuk memikirkan lokasi yang tepat dan cukup strategis. Lokasi tersebut juga sangat menentukan bagimana perkembangan dari kantor cabang tersebut untuk kedepannya. Bukan hanya perkara harga tanah yang sangat murah atau mahal, namun karena klien dan konsumen Anda pastinya sangat jauh berbeda dengan para konsumen yang berada di sekitar kantor pusat yang sudah lama beroperasi. Berbeda wilayah, pastinya juga akan berbeda karakteristiknya pula. Karena alasan itulah setidaknya Anda harus memikirkan dengan cermat, di mana lokasi yang paling tepat untuk mendirikan kantor cabang baru dari bisnis Anda.

2. Kurang memperhitungkan seberapa besar pengeluaran untuk mendirikan kantor cabang baru.

Anda pastinya membutuhkan biaya tambahan lainnya selain untuk pembangunan atau pembelian gedung. Anda membutuhkan persiapan perpindahan barang-barang dari kantor lama untuk dipindahkan ke kantor cabang baru. Anda harus memasang jaringan, koneksi Internet. Dan belum termasuk untuk pembelian peralatan dan perlengkapan untuk kantor cabang baru tersebut. Fasilitas yang akan berada di kantor baru setidaknya harus Anda pikirkan sedetail mungkin.

3. Mengerjakan segala pekerjaan sendirian.

Pada saat Anda sudah mendirikan kantor cabang baru, sudah pasti akan ada banyak sekali berbagai pekerjaan yang semakin bertambah banyak. Belum lagi tambahan pekerjaan-pekerjaan yang memang seharusnya Anda selesaikan sebelumnya. Sudah tahu akan ada banyak sekali pekerjaan-pekerjaan baru, jangan sampai Anda kewalahan dalam mengerjakannya seorang diri. Karena sebenarnya Anda tidak mungkin akan bisa menyelesaikan semuanya sendirian tanpa membaginya. Cobalah untuk mendelegasikan dan mengatur untuk pembagian tugas-tugas Anda tersebut kepada karyawan Anda.

4. Tidak memperdulikan keberadaan warga lokal yang berada di sekitar kantor cabang baru.

Pada saat Anda ingin membangun kantor cabang baru, sudah pasti pada lokasi sekitar yang akan dibangun kantor cabang baru akan ada banyak warga yang tinggal di dekat bangunan kantor cabang. Cobalah untuk sesekali Anda pikirkan, apakah keberadaan perusahaan Anda di sana akan mengganggu aktivitas mereka atau tidak? Lalu, Anda juga harus memikirkan, tentang apa saja yang bisa Anda berikan manfaat dari pendirian kantor cabang Anda tersebut terhadap mereka? Lapangan pekerjaankah? Karena bagaimanapun juga, lahan yang saat ini telah Anda tempati tersebut, dulunya adalah sebagai wilayah sekaligus tempat tinggal mereka. Setidaknya saat ini kantor cabang baru milik Anda secara otomatis sudah bertetangga dengan mereka. Maka berusaha untuk bersikap ramah sekaligus baiklah terhadap mereka. Anda harus mampu untuk menjalin dan menjaga hubungan baik Anda dengan mereka.

Nah, itulah beberapa kesalahan fatal yang harus sebisa mungkin Anda hindari apabila ingin membuka kantor cabang baru. Jangan sampai kesalahan-kesalahan tersebut malah justru akan semakin menambah msalah-masalah baru bagi perkembangan bisnis kantor cabang baru Anda. Pada awalnya Anda akan berharap bahwa masalah akan menjadi semakin berkurang dengan dibangunnya kantor cabang baru. Namun, karena Anda kurang peduli dan masih kurang teliti, pada akhirnya malah akan semakin menambah masalah-masalah baru lainnya tanpa pernah Anda perkirakan sebelumnya dan bahkan akan menjadikan keadaan semakin tambah rumit. Karena itulah coba pikirkan baik-baik dan mulailah melangkah untuk membuka kantor cabang baru dengan sangat berhati-hati. Anda membutuhkan konsultan dalam mendampingi pembukaan kantor cabang? Silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

KLIK ARTIKEL YANG LAIN DI SINI